Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Sopan Santun Siswa Di SMAN 1 Sambit Ponorogo

Aprilia, Silvia Ayu (2021) Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Sopan Santun Siswa Di SMAN 1 Sambit Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317012_SILVIA AYU APRILIA_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Aprilia, Silvia Ayu. 2021. Implementasi Pembelajaran
Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter
Sopan Santun Siswa di SMAN 1 Sambit Ponorogo.
Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam
Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr.Kharisul Wathoni,
S.Ag.M.Pd.I.
Kata Kunci: Implementasi, Pendidikan Agama Islam, Karakter, Sopan Santun
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam sangatlah penting dalam pembentukan karakter sopan santun di sekolah. Guru Pendidikan Agama Islam adalah guru yang dapat mendidik karakter siswa sesuai dengan syariat Islam. Dengan demikian pembelajaran Pendidikan Agama Islam tidak hanya menstransfer ilmu agama melainkan juga berperan dalam pembentukan karakter sopan santun siswa yang sesuai dengan syariat dan budaya bangsa Indonesia.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan karakter sopan santun siswa di SMAN 1 Sambit Ponorogo 2). Dampak dari implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan karakter sopan santun siswa di SMAN 1 Sambit Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Artinya penelitian difokuskan pada satu fenomena saja yang dipilih dan ingin dipahami secara mendalam. Dalam pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun dalam analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian ditemukan bahwa: 1). Implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan karakter sopan santun siswa di SMAN 1 Sambit Ponorogo ini dilakukan melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam yaitu dengan menghubungkan materi akidah akhlak yang direalisasikan dalam kehidupan sehari-hari dan diwujudkan dengan karakter sopan santun siswa. Hal tersebut di dukung dengan peran guru Pendidikan Agama Islam dalam mengarahkan dan membiasakan karakter sopan santun itu agar kelak siswa menjadi pribadi yang baik dilingkungan masyarakat 2). Dampak dari implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan karakter sopan santun siswa yang dilakukan melalui pembiasaan budaya berjabat tangan di pagi hari dengan bapak/ ibu guru yang sedang piket di depan halaman sekolah, sopan santun siswa dalam berpakaian, saling bertegur sapa dengan bapak/ ibu guru di manapun tempatnya, dan juga adab siswa dalam menghapus papan tulis yang masih kotor tanpa di suruh oleh guru yang sedang berada di dalam kelas tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kharisul Wathoni
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2021 01:48
Last Modified: 02 Jun 2021 01:48
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14398

Actions (login required)

View Item View Item