PENGGUNAAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DALAM MENGUMPULKAN TUGAS MATA PELAJARAN IPS DI SMPN 1 BALONG PONOROGO

Yuniati, Catur (2021) PENGGUNAAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DALAM MENGUMPULKAN TUGAS MATA PELAJARAN IPS DI SMPN 1 BALONG PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
211417038_CATUR YUNIATI_UPLOAD E-THESES.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Yuniati, Catur. 2021. Penggunaan Aplikasi Google Classroom Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik dalam Mengumpulkan Tugas Mata Pelajaran IPS di SMPN 1 Balong Ponorogo. Skripsi. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Muhammad Widda Djuhan, S.Ag., M.Si.
Kata Kunci: Google Classroom, Kedisiplinan, Tugas.
Kedisiplinan merupakan suatu kondisi yang tercipta dan terbentuk melalui proses dari serangkaian sikap dan perilaku pribadi atau kelompok yang menunjukkan nilai-nilai ketaatan, kepatuhan, kesetiaan, keteraturan, dan ketertiban diri. Melalui kedisiplinan dari diri peserta didik maka besar kemungkinan mencapai tujuan yaitu memperoleh hasil belajar yang memuaskan. Salah satu indikator disiplin bagi peserta didik menurut Sulistyorini adalah peserta didik harus menyelesaikan tugas yang diberikan guru.
Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui langkah-langkah penggunaan aplikasi google classroom untuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik dalam mengumpulan tugas mata pelajaran IPS di SMPN 1 Balong Ponorogo. (2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat penggunaan aplikasi google classroom untuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik dalam mengumpulan tugas mata pelajaran IPS di SMPN 1 Balong Ponorogo (3) Mengetahui Implikasi penggunaan aplikasi google classroom untuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik dalam mengumpulan tugas mata pelajaran IPS di SMPN 1 Balong Ponorogo.
Metode Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Prosedur pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi yang melibatkan 2 guru IPS di SMPN 1 Balong Ponorogo yaitu bapak Drs. Rudi Suwandaru dan Bpak Suyitno S.Pd serta tujuh peserta didik kelas IX SMPN 1 Balong Ponorogo.
Hasil dari penelitian ini terkait penggunaan aplikasi google classroom untuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik dalam mengumpulan tugas mata pelajaran IPS di SMPN 1 Balong Ponorogo menunjukkan bahwa langkah-langkahnya meliputi (1) Pemberian perintah oleh guru dengan memberikan tugas melalui aplikasi google classroom. (2) Pemberian ancaman dengan pengaturan batas waktu penyelesaian tugas atau “tenggat” melalui google classroom. (3) Pemberian ganjaran yaitu dengan memberikan nilai yang kosong bagi peserta didik yang terlambat mengumpulkan tugas. (4) Mengawasi peserta didik yang tidak disiplin mengumpulkan tugas dengan melihat “detail tugas” pada google classroom. Faktor pendukungnya meliputi (1) kelebihan aplikasi google classrom dalam mengotomatisasi, mengatur pendistribusian dan pengumpulan tugas. (2) Tersedianya menu “tugas kelas” pada google classroom yang di dalamnya terdabat sub menu “buat tugas” untuk mendukung pendistribusian dan pengumpulan tugas. Faktor penghambatnya meliputi (1) sulitnya jaringan dibeberapa tempat tinggal peserta didik. (2) Kurangnya kesadaran diri bahwa kedisiplinan pengumpulan tugas itu berguna bagi kebaikan dan keberhasilan peserta didik itu sendiri sehingga mereka malas untuk mengerjakan tugas tepat waktu. (3) Kurangnya rasa tanggung jawab orang tua dalam mendampingi dan mengawasi proses pembelajaran daring (khususnya penyelesaian dan pengumpulan tugas) peserta didik dari rumah menggunakan aplikasi google classroom. Implikasinya adalah dapat memberikan dorongan dari luar diri peserta didik untuk disiplin mengumpulkan tugas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Widda Djuhan
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2021 01:43
Last Modified: 02 Jun 2021 01:43
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14385

Actions (login required)

View Item View Item