..(UPLOAD ULANG FORMAT PDF)...UPAYA GURU MATA PELAJARAN IPS DALAM MENANAMKAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB SISWA DI SMP NEGERI 1 JENANGAN PONOROGO

Amiruddin, Amiruddin (2021) ..(UPLOAD ULANG FORMAT PDF)...UPAYA GURU MATA PELAJARAN IPS DALAM MENANAMKAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB SISWA DI SMP NEGERI 1 JENANGAN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
211417040_AMIRUDDIN_UPLOAD E-THESES.docx

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Amiruddin. 2021. Penanaman Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa dalam Proses Pembelajaran IPS Terpadu (Studi Kasus Kelas VIII C SMP Negeri 1 Jenangan Tahun Ajaran 2020/2021). Skripsi. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Muhammad Widda Djuhan, S.Ag., M.Si.
Kata Kunci: Karakter, Displin, Tanggung Jawab, Pembelajaran IPS Terpadu
Latar belakang penelitian ini yaitu pendidikan karakter sebagai wahana dalam menanamkan nilai- nilai moral dan karakter bagi peserta didik, dewasa ini tengah mengalami kemerosotan moral dan karakter atau disebut dengan istilah dekadensi moral. Terdapat setidaknya 18 karakter bangsa, yang dimana dari 18 karakter bangsa tersebut peneliti mengambil fokus penelitian terkait dengan upaya guru mata pelajaran IPS dalam menanamkan karakter disiplin dan tanggung jawab. Selama pembelajaran daring berlangsung di SMP Negeri 1 Jenangan ditemukan sebanyak 53% siswa dari jumlah siswa kelas VIII C yaitu 30 siswa tidak mengerjakan Tugas pada mata pelajaran IPS Terpadu. Hal tersebut diperkuat berdasarkan hasil wawancara yang peneliti lakukan dengan Ibu Siti Supatmi (Guru mata pelajaran IPS Terpadu dan wali kelas VIII C) tanggal 12 November 2020 diperoleh informasi bahwa siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Jenangan kurang memiliki respon terhadap mata pelajaran IPS Terpadu.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mampu menganalisis upaya guru mata pelajaran IPS dalam menanamkan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa melalui pembelajaran IPS Terpadu di kelas VIII C SMP Negeri 1 Jenangan. Selain itu, juga untuk mengetahui dan mendeskripsikan kendala dan solusi dari upaya guru mata pelajaran IPS dalam menanamkan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa melalui pembelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 1 Jenangan.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, yaitu peneliti sebagai sumber utama penelitian dalam proses wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif, yang mencakup kata-kata dan kalimat dari informasi narasumber dan tindakan dari objek penelitian.
Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan yaitu penanaman karakter disiplin dan tanggung jawab di SMP Negeri 1 Jenangan berdasarkan hasil penelitian yang penulis peroleh dari hasil wawancara, observasi maupun dokumentasi di SMP Negeri 1 Jenangan. Ditemukan hasil bahwa siswa-siswi kelas VIII C SMP Negeri 1 Jenangan memiliki kedisplinan dalam mengumpulkan tugas, mengikuti kegiatan pembelajaran, datang tepat waktu, dan displin dalam menerapkan protokol kesehatan, hal tersebut merupakan contoh kedisplinan dan tanggung jawab yang telah ditanamkan di kelas VIII C SMP Negeri 1 Jenangan. Upaya guru mata pelajaran IPS dalam menanamkan karakter displin dan tanggung jawab yaitu melalui prinsip Contextual Teaching and Learning (CTL) yang dimana guru mengkaitkan antara materi yang dipelajarinya dengan situasi dunia nyata siswa Beberapa kendala dalam penanaman karakter disiplin dan tanggung jawab tersebut, yaitu antara lain a) Faktor keluarga, b) Faktor lingkungan, c) Pembelajaran daring, d) Faktor dari diri siswa. Sedangkan solusi dari adanya kendala dalam penanaman karakter displin dan tanggung jawab tersebut yaitu melalui, a) Kontrol dari kepala sekolah, b) Peran aktif guru

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Widda Djuhan
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2021 01:25
Last Modified: 02 Jun 2021 01:25
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14379

Actions (login required)

View Item View Item