Pesan Moral Pada Film IMPERFECT (Analisis Wacana Teun A. Van Dijk)

Kusumastuti, Wheny (2021) Pesan Moral Pada Film IMPERFECT (Analisis Wacana Teun A. Van Dijk). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
e thesis wheny.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Film selalu mempengaruhi dan membentuk masyarakat berdasarkan muatan pesan dibaliknya tanpa pernah berlaku sebaliknya. Film selalu merekam realitas yang tumbuh dan berkembang dalam masyarakat dan kemudian memproyeksasikannya diatas layar lebar. Film memiliki pengertian yang beragam tergantung dari sudut pandang orang yang membuat film. Dalam kamus besar Indonesia film merupakan selaput tipis yang dibuat dari seluloid untuk gambaran negativ dimainkan dibioskop film juga diartikan sebagai cerita,gambaran hidup.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pesan Moral Pada Film Imperfect untuk mengetahui pesan moral yang terdapat dalam film Imperfect penulis merumuskan masalah sebagai berikut (1) Bagaimana Pesan Moral Struktur Makro Film Imperfect? (2) Bagaimana Pesan Moral Superstruktur Film Imperfect
? (3) Bagaimana Pesan Moral Struktur Mikro Film Imperfect? Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa dokumentasi dan observasi. Untuk menganalisi data , penulis menggunakan analisis wacana menjadi tiga tingkatan, yaitu struktur makro,superstruktur dan struktur mikro.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) analisi struktur makro dalam film Imperfect tentang belajar menerima kekurangan yang ada pada diri sendiri, setiap wanita itu cantik dan setiap masing-masing mempunyai kekurangan dan kelebihannya sendiri. (2) Superstruktur: pembukaan ,isi, dan penutup yang didalamnya terdapat tentang lebih fokus kepada diri sendiri dan jangan membanding-bandingan diri sendiri dengan orang lain. (3) Struktur Mikro yang terdapat pada film Imperfect tentang menerima apa yang sudah ditakdirkan untuk kita.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Nurdin
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 31 May 2021 09:00
Last Modified: 31 May 2021 09:00
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14376

Actions (login required)

View Item View Item