Studi Komparasi Kemampuan Menggali Informasi dengan Penggunaan Model Direct Instruction Berbantuan Video Pembelajaran dan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Berbasis Feedback pada Peserta Didik Kelas VIII di SMPN 1 Jetis

Kholifah, Nur (2021) Studi Komparasi Kemampuan Menggali Informasi dengan Penggunaan Model Direct Instruction Berbantuan Video Pembelajaran dan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Berbasis Feedback pada Peserta Didik Kelas VIII di SMPN 1 Jetis. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
211317048_NUR KHOLIFAH_TADRIS IPA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kholifah, Nur. 2021. Studi Komparasi Kemampuan Menggali Informasi dengan Penggunaan Model Direct Instruction Berbantuan Video Pembelajaran dan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Berbasis Feedback pada Peserta Didik Kelas VIII di SMPN 1 Jetis. Skripsi. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Edi Irawan, M.Pd

Kata kunci: Direct instruction, Jigsaw, Menggali informasi, Video pembelajaran
Era globalisasi dapat mempengaruhi pendidikan. Pada era globalisasi seperti saat ini siswa diharapkan mampu memilah informasi agar tidak terjerumus pada hal negatif. Dalam hal ini pendidikan berperan untuk melatih siswanya memiliki kemampuan menggali informasi. Salah satunya adalah dengan menerapkan model direct instruction berbantuan video pembelajaran, karena siswa dapat melakukan menggali informasi melalui video pembelajaran ketika pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan menggali informasi dengan penggunaan model direct instruction berbantuan video pembelajaran dengan model kooperatif tipe jigsaw berbasis feedback.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan analisis komparasional. Populasinya adalah seluruh kelas VIII SMPN 1 Jetis tahun akademik 2020/2021 yang berjumlah 253 peserta didik. Sampel pada penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling, dan diperoleh kelas VIII G dengan 32 peserta didik sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VIII H dengan 32 peserta didik sebagai kelas eksperimen 2. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes berupa pilihan ganda, dengan teknik analisis data uji T.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat perbedaan kemampuan menggali informasi dengan penggunaan model direct instruction berbantuan video pembelajaran dengan model kooperatif tipe jigsaw berbasis feedback. Kemampuan menggali informasi dengan menggunakan model direct instruction berbantuan video pembelajaran memiliki nilai rata-rata 77,3 lebih tinggi dari kemampuan menggali informasi dengan menggunakan model kooperatif tipe jigsaw berbasis feedback yang memiliki nilai rata-rata 70,2. Berdasarkan uji t one tailed diperoleh P-Value sebesar 0,021 ˂ α 0,05 sehingga H0 ditolak. Maka kemampuan menggali informasi peserta didik dengan model direct instruction berbantuan video pembelajaran lebih baik daripada model kooperatif tipe jigsaw berbasis feedback pada kelas VIII di SMPN 1 Jetis. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, maka guru dapat menerapkan model direct instruction berbantuan video pembelajaran secara daring untuk meningkatkan kemampuan menggali informasi peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Edi Irawan
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 31 May 2021 08:59
Last Modified: 31 May 2021 08:59
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14375

Actions (login required)

View Item View Item