Dhiauhaq, Ahmad Rifqi (2020) INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI MA AL-ISLAM JORESAN MLARAK PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
210316103 AHMAD RIFQI DHIAULHAQ SKRIPSI.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Rifqi Dhiaulhaq, Ahmad, 2020. Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam Melalui Ekstrakurikuler Pramuka di MA Al-Islam Joresan Mlarak Ponorogo.
Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Yusmicha Ulya Afif, M.Pd.I.
Kata Kunci: Internalisasi, Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam, Pramuka
MA Al-Islam Joresan merupakan sekolah yang ada di Kecamatan Mlarak. Seiring dengan berkembangnya zaman, nilai-nilai pendidikan agama Islam yang kini mulai menurun menjadi keprihatinan bagi semua pihak dan harus ditemukan solusinya, karena masih banyaknya kasus-kasus pelanggaran yang ada di lingkungan pendidikan sekolah mulai dari parkir kendaraan yang tidak pada tempatya, datang terlambat, bolos sekolah, bolos mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dan masih banyak lagi kasus-kasus yang bisa menghambat tujuan dari pendidikan itu sendiri. MA Al-Islam Joresan yang berbasis pondok pesantren tentunya berbeda dengan sekolah lainya, dengan letak geografis sekolah yang berada di tengah-tengah perumahan warga sehingga memiliki gedung kelas yang terpencar dan tidak adanya gerbang sekolah tentunya banyak celah untuk siswa melanggar peraturan sekolah. Oleh karena itu sekolah mempunyai cara agar siswa dapat mematuhi peraturan sekolah yakni melalui penanaman kegiatan pramuka. Dengan adanya internalisasi antara pendidikan agama Islam dan kegiatan pramuka diharapkan akan melahirkan manusia-manusia yang mampu menyeimbangkan antara kebutuhan dunia dan akhirat, badan dan roh serta ilmu agam dan ilmu umum. Internalisasi diharapkan dapat menghasilkan pendidikan yang berkualitas tinggi, yaitu pendidikan yang dapat memberikan bekal ilmu pengetahuan baik agama maupun umum yang luas, penguasaan terhadap teknologi modern, ketrampilan, pengalaman, hubungan yang luas serta akhlak yang mulia.
Adapun tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui proses internalisasi nilai-nilai pendidikan agama islam melalui kegiatan pramuka di MA Al-Islam Joresan Mlarak Ponorogo, 2) untuk menjelaskan strategi internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam melalui kegiatan pramuka di MA Al-Islam Joresan Mlarak Ponorogo, 3) untuk mengetahui implikasi dari internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam melalui kegiatan pramuka di MA Al-Islam Joresan Mlarak Ponorogo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data adalah reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini adalah 1) proses internalisasi nilai-nilai pendidikan agama islam melalui kegiatan pramuka di MA Al-Islam dengan cara pemberian materi kepramukaan oleh Pembina MA Al-Islam Joresan menggunakan prinsip bermain sambil belajar. Jadi, dalam pelaksanaanya selain diberikan materi, andika pramuka melakukan praktek yang berkaitan dengan pramuka. Hal ini bertujuan untuk mengembangkan kreatifitas yang dimiliki siswa, 2) strategi internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam melalui kegiatan pramuka yaitu nilai akidah, ibadah dan akhlak yang dipadukan dengan kegiatan seperti perkajum terdapat kegiatan sholat berjamaah, membaca doa dalam latihan pramuka, siraman rohani, teknologi tepat guna dan lain-lain, 3) implikasi dari internalisasi nilai-nilai tersebut adalah perkembangan aspek jasmani, aspek rohani dan aspek akal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Yusmicha Ulya Afif |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 31 May 2021 08:09 |
Last Modified: | 31 May 2021 08:09 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14366 |
Actions (login required)
View Item |