Analisis Hisab Kontemporer Terhadap Penggunaan Jam Istiwa’ Dalam Penentuan Awal Waktu Salat Di Pondok Pesantren Fathul Ulum Di Desa Kwagean Kecamatan Pare Kabuten Kediri

Amirudin, Abdul Majid (2021) Analisis Hisab Kontemporer Terhadap Penggunaan Jam Istiwa’ Dalam Penentuan Awal Waktu Salat Di Pondok Pesantren Fathul Ulum Di Desa Kwagean Kecamatan Pare Kabuten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
210116012_Abdul Majid Amirudin_HKI.pdf

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK
Penggunaan Jam Istiwa’/Jam Bencet/Jam Matahari di era modern yang serba praktis ini merupakan suatu hal yang dianggap klasik tak lekang oleh waktu dan zaman. Keberadaannya hampir jarang ditemui kecuali di tempat-tempat yang dianggap bersejarah saja, terkadang juga konsistensi penggunaanya hampir jarang ditemui walaupun bencet pada tempat tersebut terpasang dengan kokoh dan rapi.
Pondok pesantren Fathul Ulum di Desa Kwagean Kecamatan Pare Kabupaten Kediri sampai saat ini masih menggunakan jam istiwa’. Penggunaan jam istiwa’ di pondok tersebut agak sedikit berbeda dari kebanyakan tempat lainnya yang mana pada umumnya penggunaan jam istiwa’ itu menggunakan alat bencet, sedangkan di pondok tersebut tidak menggunakan alat bencet melainkan merujuk pada kitab Durusul Falakiyah. Selain itu, jadwal waktu salat di pondok pesantren Fathul Ulum Kwagean yang menggunakan jam istiwa’ memiliki selisih kurang lebih 10, 15, 30 sampai 45 menit dengan jadwal waktu salat yang digunakan oleh pemerintah yang didasarkan pada waktu WIB, WITA, WIT. Oleh karena itu, penulis merumuskan masalahnya sebagai berikut: (1) Bagaimana perbedaan jadwal waktu salat berdasarkan jam istiwa’ di Pondok Pesantren Fathul Ulum di Desa Kwagean Kecamatan Pare Kabupaten Kediri dengan jadwal waktu salat berdasarkan data Hisab Kontemporer?(2) Bagaimana analisis Hisab Kontemporer terhadap penggunaan jam istiwa’ di Pondok Pesantren Fathul Ulum di Desa Kwagean Kecamatan Pare Kabupaten Kediri?
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, dan menggunakan metode kualitatif, pengumpulan datanya dengan wawancara dan observasi. Data terkumpul kemudian dianalisis guna mengetahui perbedaan diantara kedua metode tersebut sehingga dapat ditarik kesimpulanya.
Dari penelitian ini dihasilka bahwa: (1) Perbedaan antara jam istiwa’ dengan hisab kontemporer adalah selisih jadwal waktu salatnya sekitar 10-45 menit. Perbedaan itu disebabkan karena kaidah waktu yang digunakan, ikhtiyat, dan metodenya berbeda. (2) Berdasarkan hasil analisis hisab kontemporer penggunaan jam istiwa’ ini masih sangat relevan, karena jam istiwa’ ini termasuk hisab tahqiqi yang mana hisab tahqiqi dengan hisab kontemporer itu sama-sama menggunkan rumus segitiga bola.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Junaidi
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 31 May 2021 06:58
Last Modified: 31 May 2021 06:58
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14352

Actions (login required)

View Item View Item