Nilai-Nilai Pendidikan Akidah Akhlak Dalam Kitab Maulid Al-Ḍiyā’ Al-Lāmi’ Karya Al-Habib Umar Bin Muhammad Bin Salim Bin Hafidz Dan Relevansinya Dengan Materi Akidah Akhlak di Madrasah

Ridho, Ahmad Thoriq (2021) Nilai-Nilai Pendidikan Akidah Akhlak Dalam Kitab Maulid Al-Ḍiyā’ Al-Lāmi’ Karya Al-Habib Umar Bin Muhammad Bin Salim Bin Hafidz Dan Relevansinya Dengan Materi Akidah Akhlak di Madrasah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210317325 AHMAD THORIQ RIDHO PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Mata pelajaran Akidah Akhlak di madrasah merupakan salah satu cara menanamkan nilai-nilai kebaikan agama kepada peserta didik meliputi nilai-nilai akidah Islamiyah dan akhlakul karimah serta membentuk karakter terhadap peserta didik tersebut. Tujuan dari pendidikan akidah akhlak ini adalah agar peserta didik dapat memiliki karakter baik menurut agama Islam, baik itu bersikap kepada Allah swt, kepada diri sendiri, kepada orang lain, kepada alam serta lingkungan sekitar, bahkan kepada bangsa dan tanah air. Oleh sebab itu dengan mempelajari dan menggali nilai-nilai pendidikan akidah akhlak yang terkandung di dalam kitab maulid al-Ḍiyā’ al-Lāmi’ diharapkan mampu memberikan khazanah keilmuan terhadap materi-materi Akidah Akhlak di madrasah.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menjelaskan nilai-nilai pendidikan akidah yang terdapat dalam kitab maulid al-Ḍiyā’ al-Lāmi’ karya Al-Habib Umar Bin Muhammad Bin Salim Bin Hafidz, (2) menjelaskan nilai-nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam kitab maulid al-Ḍiyā’ al-Lāmi’ karya Al-Habib Umar Bin Muhammad Bin Salim Bin Hafidz, (3) Untuk mengetahui relevansi nilai-nilai pendidikan akidah akhlak yang terdapat dalam kitab maulid al-Ḍiyā’ al-Lāmi’ karya Al-Habib Umar Bin Muhammad Bin Salim Bin Hafidz dengan materi Akidah Akhlak di madrasah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan yang bersifat deskriptif. Jenis penelitian ini adalah kajian kepustakaan atau library research dengan menggunakan teknik pengumpulan data dokumentasi. Analisis data yang dipakai adalah analisis isi (Content analysis). Analisis data dilakukan dengan cara mengorganisasikan data, menjabarkan, menyusun kedalam pola, dan membuat kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan akidah akhlak dalam kitab al-Ḍiyā’ al-Lāmi’ terdiri dari: (1) pendidikan akidah: iman kepada malaikat, iman kepada kitab-kitab Allah, iman kepada Rasul, iman kepada hari kiamat. (2) pendidikan akhlak: taat, taubat, sabar, tawakal, syukur, ‘iffah, tawaḍu’, musawah, ukhuwah, optimis. (3) Nilai-nilai pendidikan akidah akhlak dalam kitab maulid al-Ḍiyā’ al-Lāmi’ relevan dengan materi Akidah Akhlak di Madrasah meliputi: Materi iman kepada malaikat kelas 7 Madrasah Tsanawiyah, materi iman kepada kitab-kitab Allah kelas 10 Madrasah Aliyah, materi iman kepada Rasul kelas 10 Madrasah Aliyah, materi iman kepada hari kiamat kelas 9 Madrasah Tsanawiyah, materi taat kelas 7 Madrasah Tsanawiyah, materi taubat kelas 7 Madrasah Tsanawiyah dan kelas 11 Madrasah Aliyah, materi sabar kelas 8 Madrasah Tsanawiyah dan kelas 11 Madrasah Aliyah, materi tawakal kelas 8 Madrasah Tsanawiyah dan kelas 11 Madrasah Aliyah, materi syukur kelas 11 Madrasah Aliyah, materi iffah kelas 10 Madrasah Aliyah, materi tawadhu’ kelas 8 Madrasah Tsanawiyah, materi musawwah kelas 12 Madrasah Aliyah, materi ukhuwah kelas 12 Madrasah Aliyah, materi optimis kelas 12 Madrasah Aliyah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Fata Asyrofi Yahya
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 31 May 2021 07:02
Last Modified: 31 May 2021 07:02
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14349

Actions (login required)

View Item View Item