representasi pesan inspiratif kisah nyata merry riana dalam film mimpi sejuta dolar(teori semiotika roland barthes)

Bariroh, Nur Faidatul (2021) representasi pesan inspiratif kisah nyata merry riana dalam film mimpi sejuta dolar(teori semiotika roland barthes). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
NUR FAIDATUL BARIROH_SKRIPSI_(REPRESENTASI PESAN INSPIRATIF DALAM KISAH NYATA MERRY RIANA PADA FILM MIMPI SEJUTA DOLAR)-converted (1).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Film adalah salah satu media massa yang banyak diminati. Selain sifatnya yang audio visual, film juga kental dengan nilai-nilai estetika. Dari sebuah film banyak pesan-pesan inspiratif yang tersirat untuk kehidupan nyata. Film Merry Riana Mimpi Sejuta Dolar mengisahkan tentang lika-liku perjalanan hidup seorang wanita tangguh, mandiri, pekerja keras yang penuh energi positif dan pantang menyerah untuk menggapai mimpinya agar bisa bertahan hidup di tempat asing tanpa keluarga dan teman. Berkat jerih payah dalam bekerja dan berusaha, akhirnya Merry mendapat sejuta dolar (Rp. 14.585.370,00) di usianya yang masih muda.
Dari paparan tersebut dapat dirumuskan masalah sebagaimana berikut: pertama, bagaimana representasi pesan inspiratif pada makna denotasi dalam film Mimpi Sejuta Dolar. Kedua, bagaimana representasi pesan inspiratif pada makna konotasi dalam film Mimpi Sejuta Dolar. Ketiga, bagaimana representasi pesan inspiratif pada makna mitos dalam film Mimpi Sejuta Dolar.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian jenis kualitatif ini bertujuan mendeskripsikan bagaimana representasi pesan inspiratif dalam film Merry Riana Mimpi Sejuta Dolar dengan menggunakan analisis Semiotika Roland Barthes. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik observasi dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan sebagai berikut: pertama, representasi pesan inspiratif dari makna denotasi dalam film Mimpi Sejuta Dolar adalah kerja keras dan pantang menyerah. Kedua, representasi pesan inspiratif dari makna denotasi dalam film Mimpi Sejuta Dolar adalah kemandirian dan kedewasaan. Ketiga, representasi pesan inspiratif dari makna denotasi dalam film Mimpi Sejuta Dolar adalah tolong menolong.

Kata Kunci: Pesan Inspiratif, Film Mimpi Sejuta Dolar, Semiotika.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: ISWAHYUDI
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 31 May 2021 06:57
Last Modified: 31 May 2021 06:57
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14335

Actions (login required)

View Item View Item