analisis hukum islam terhadap upaya membentuk keluarga sakinah pada keluarga penghafal al-qur'an di desa nglewan kecamatan sambit kbupaten ponorogo

Muna, Muzalifatul (2021) analisis hukum islam terhadap upaya membentuk keluarga sakinah pada keluarga penghafal al-qur'an di desa nglewan kecamatan sambit kbupaten ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
NASKAH_MUZALIFATUL MUNA (210117074) - Copy.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Muna, Muzalifatul, 2021. Analisis Hukum Islam Terhadap Upaya Membentuk Keluarga saki>nah Pada Keluarga Penghafal Al-Qur’an Di Desa Nglewan Kecamatan Sambit Kabupaten Ponorogo. Skripsi, Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. H. Moh. Munir, Lc., M. Ag.

Kata Kunci: Keluarga, Penghafal Al-Qur’an, Membentuk Keluarga Sakinah

Keluarga merupakan sebuah institusi terkecil didalam masyarakat yang berfungsi sebagai wahana untuk mewujudkan kehidupan yang tentram, aman, damai dan sejahtera. Tujuan dari pernikahan adalah membentuk keluarga yang saki>nah, mawaddah wa rah}mah. Untuk sampai pada tujuan tersebut banyak cara yang dapat ditempuh. Bagi penghafal Al-Qur’an yang sudah berkeluarga tentu mereka menjadi bertambah kewajibannya, yaitu mengurus keluarga dengan baik dan menjaga hafalan. Sebagaimana pada keempat keluarga penghafal Al-Qur’an di Desa Nglewan mereka merupakan sebagian orang yang ikut serta menjaga dan memelihara Al-Qur’an dengan cara menghafal. Aktifitas mereka yang kerap kali disibukkan dengan mengamalkaan Qur’an sehingga menjadikan kewajibannya mengurus keluarga menjadi tidak maksimal, misalnya pekerjaan rumah tidak tertata, kewajiban mengurus suami dan anak tertinggal, serta suami tidak maksimal dalam bekerja dengan alasan mengutamakan amalan Al-Qur’an sehingga istri ikut membantu sepenuhnya dalam mencari nafkah. Berdasarkan hal tersebut peneliti ingin mengetahui upaya mereka untuk membentuk keluarga saki>nah.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pemenuhan hak dan kewajiban suami istri pada keluarga penghafal Al-Qur’an di Desa Nglewan Kecamatan Sambit Kabupaten Ponorogo? (2) Bagaimana upaya penyelesaian problematika pada keluarga penghafal Al-Qur’an di Desa Nglewan Kecamatan Sambit Kabupaten Ponorogo?
Dengan melalui pendekatan deskriptif kualitatif, peneliti akan memaparkan beberapa data yang diperoleh dari lapangan baik dengan wawancara maupun observasi, sebagai metode pengumpulan data dan menarik kesimpulan dengan metode analisis data. Selain itu, proses analisis tersebut juga didukung dengan kajian pustaka sebagai referensi untuk memperkuat data yang diperoleh dari lapangan.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1). Pemenuhan hak dan kewajiban suami istri pada keluarga penghafal Al-Qur’an di Desa Nglewan secara keseluruhan sudah sesuai dengan hukum Islam. Karena fakta dilapangan suami dan istri sudah berusaha untuk melaksanakan kewajibannya meskipun dalam penerapannya masih kurang maksimal. Dikarenakan mereka juga mempunyai kewajiban untuk menjaga hafalan Al-Qur’an. 2). Upaya penyelesaian problematika pada keluarga penghafal Al-Qur’an di Desa Nglewan secara keseluruhan sudah diterapkan sesuai dengan hukum Islam. Karena upaya untuk menyelesaikannya dengan cara musyawarah dan dengan saling menasehati hingga mereka berdamai.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Munir
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 31 May 2021 06:55
Last Modified: 31 May 2021 06:55
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14333

Actions (login required)

View Item View Item