Tinjauan Maslahat Al- Mursalat Terhadap Penerapan Peraturan Menteri Agama Nomor 30 Tahun 2005 Tentang Wali Hakim

Erfiana, Elfa (2021) Tinjauan Maslahat Al- Mursalat Terhadap Penerapan Peraturan Menteri Agama Nomor 30 Tahun 2005 Tentang Wali Hakim. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ELFA SELESAI-3.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Erfiana,Elfa,2021. Tinjauan Mas{lah{at al Mursalat Terhadap Penerapan Peraturan Menteri Agama Nomor 30 Tahun 2005 Tentang Wali Hakim. Skripsi, Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Rodli Makmun, M.Ag.

Kata kunci / keyword, Daerah terpencil, Luar negeri,Mas{lah{at al Mursalat, Wali Hakim
Dalam penelitian ini dilatarbelakangi oleh Peraturan Menteri Agama Nomor 30 Tahun 2005 tentang wali hakim dalam Pasal 2 Ayat (1) Mempelai wanita yang berada di luar negeri dan Pasal 3 Ayat (3) tentang calon mempelai wanita yang berada di daerah terpencil yang menggunakan wali hakim. mengapa dalam peraturan tersebut disebut perwalian dalam pernikahan bagi mereka adalah wali hakim, apa mas{lah{at atau manfaat yang diberikan atas peraturan ini. Hal itulah yang membuat peneliti tertarik untuk mengetahui kemaslahatan di balik peraturan menteri agama tersebut bagi calon mempelai terutama bagi wanita.
Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kemaslahatan yang ditimbulkan dari peraturan tersebut terhadap pihak mempelai terutama bagi calon mempelai wanita. Rumusan Masalah (1) Bagaimana tinjauan mas{lah{at al mursalat terhadap ketentuan Peraturan Menteri Agama Nomor 30 tahun 2005 tentang Wali Hakim berkaitan dengan calon mempelai wanita berada di luar negeri. (2) Bagaimana tinjauan mas{lah{at terhadap Wali Hakim bagi calon mempelai wanita yang berada di dalam daerah terpencil menurut Peraturan Menteri Agama Nomor 30 Tahun 2005.
Metode penelitian yang digunakan penulis merupakan penelitian pustaka menggunakan metode kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data adalah dokumentasi atau pengumpulan data literer penelitian yang menggunakan buku-buku sebagai sumber datanya yang berkaitan dengan objek penelitian. Penelitian ini juga menggunakan sumber-sumber ilmiah lainnya yang relevan dengan pembahasan dalam penelitian ini, seperti skripsi,thesis, jurnal dan lain sebagainya.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan terkait penunjukan Wali Hakim terhadap calon mempelai wanita yang berada di luar negeri telah memberikan kemaslahatan yang bersifat hajiyat. Sebab persoalan-persoalan yang dibutuhkan manusia untuk menghilangkan kesulitan dan kesusahan hidup. Terkait untuk calon mempelai wanita yang berada di wilayah terpencil juga bersifat hajiyat yang berarti ketentuan hukum yang disyaratkan untuk meringankan dan memudahkan kepentingan-kepentingan manusia ialah semua keringanan yang dibawa oleh ajaran Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Achmad Rodli Makmun
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 31 May 2021 06:42
Last Modified: 31 May 2021 06:42
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14332

Actions (login required)

View Item View Item