pengaruh pola asuh permisif orang tua terhadap hasil belajar pai siswa kelas iv di sd negeri plumpung 01 kec. plaosan kab. magetan tahun ajaran 2020-2021

Rohani, Umi (2021) pengaruh pola asuh permisif orang tua terhadap hasil belajar pai siswa kelas iv di sd negeri plumpung 01 kec. plaosan kab. magetan tahun ajaran 2020-2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 210617135 UMI ROHANI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Rohani, Umi 2021. Pengaruh Pola Asuh Permisif Orang Tua Terhadap Hasil Belajar PAI Siswa Kelas IV di SD Negeri Plumpung 01 Kec. Plaosan Kab. Magetan Tahun Ajaran 2020 – 2021. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing M. Fathurahman M.Pd.I.
Kata Kunci: Pola Asuh Permisif Orang Tua, Hasil Belajar
Kewajiban orang tua diantaranya untuk membimbing serta mengarahkan anak. Namunmasih ada orang tua siswa yang kurang peduli terhadap pendidikan anak. Siswa dengan orang tua yang kurang peduli dalam pendidikan anak cenderung memiliki hasil belajar yang rendah. Bahwa masih ada orang tua siswa yang kurang peduli terhadap pendidikan anak terutama pada mata pelajaran PAI orang tua sibuk dengan pekerjaannya yang sebagian besar sebagai petani dan buruh srabutan bekerja pagi sampai sore hingga terkadang sampai larut malam . Orang tua hanya mengetahui bahwa yang penting adalah anaknya bersekolah. Mereka berpendapat bahwa ketika anak bersekolah maka semua tanggung jawab berada di tangan guru dan tidak memperdulikan nilai-nilai agama islam.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui (1) Bagaimana tingkat pola asuh permisif dari orang tua, 2) Bagaimana tingkat hasil belajar PAI siswa (3) Adakah pengaruh pola asuh permisif orang tua terhadap hasil belajar PAI siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode ex post facto. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Populasinya adalah seluruh siswa kelas IV berjumlah 20 orang dan sampelnya berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data menggunaka observasi, angket dan dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis dengan uji regresi sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan (1). Sebanyak 11 siswa mendapatkan pola asuh permisif orang tua sebesar 55 % termasuk dalam kategori tinggi, dan 9 siswa mendapatakan pola asuh permisif orang tua sebesar 45 % masuk dalam katagori rendah. (2) Hasil Belajar siswa diketahui bahwa N merupakan jumlah frekuensi total yaitu sebanyak 20 siswa, sebanyak 6 siswa mendapat nilai uts dan harian tinggi yaitu sebesar 35 % dan 14 siswa mendaptkan nilai uts dan harian rendah yaitu sebesar 65%. Dilihat nilai tertinggi dari hasil belajar siswa adalah 86, dan nilai yang terendah adalah 65. Nilai KKM sebesar 75. Nilai rata-rata tersebut berada dibawah nilai kriteria ketuntasan minimal, artinya hasil belajar siswa di kelas IV dengan orang tua yang menerapkan pola asuh permisif cukup rendah. (3) Pengaruh pola asuh permisif orang tua nilai signifikan sebesar 0,003.Karena nilai signifikan lebih kecil dari 0,05 dan diperoleh thitung > ttabel atau 3,476 > 4,41. Maka dapat diartika bahwa H0 ditolak. Artinya, terdapat pengaruh signifikan Pola asuh permisif orang tua terhadap Hasil Belajar PAI Sedangkan nilai (R square) sebesar 0,402 berarti dapat disimpulkan bahwa sebesar 40,2 % hasil belajar siswa dipengaruhi oleh pola asuh permisif orang tua sedangkan sisanya 50,8 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan pada penelitian.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Fathurahman
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 31 May 2021 06:40
Last Modified: 31 May 2021 06:40
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14330

Actions (login required)

View Item View Item