Kontribusi Peran tahfidz Al Qur'an dalam Menumbuhkan Sikap Tanggung Jawab dan Disiplin Santri di Asrama Putra Pondok Pesantren Al Islam Joresan

Az Zaini, Muhammad Husnurridlo (2021) Kontribusi Peran tahfidz Al Qur'an dalam Menumbuhkan Sikap Tanggung Jawab dan Disiplin Santri di Asrama Putra Pondok Pesantren Al Islam Joresan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi watermark_M. Husnurridlo A..pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pondok Pesantren merupakan salah satu tempat yang paling efektif dalam membentuk karakter siswa. Karena didalamnya terdapat kegiatan-kegiatan yang menunjang dalam menumbuhkan karakter tak terkecuali dengan sikap tanggung jawab dan disiplin. Dalam menumbuhkan sikap tanggung jawab dan disiplin perlu pembiasaan dalam kesehariannya. Tak terkecuali di Asrama Putra Pondok Pesantren Al Islam Joresan. Masih ditemukan santri yang kurang bertanggung jawab dan disiplin dalam kesehariannya. Dapat dilihat bahwa santri masih ada yang sering tidak mengerjakan PR, telat dalam masuk kelas, telat setor hafalan. Dalam menumbuhkan sikap tanggung jawab dan disiplin tersebut, banyak kegiatan yang bisa diikuti seperti halnya tahfidz al Qur’an. Peneliti tertarik untuk meneliti program tahfidz al Qur’an yang merupakan salah satu sarana dalam menumbuhkan sikap tanggung jawab dan disiplin santri dalam kegiatan sehari-hari.
Tujuan dari penelitian ini ialah (1) untuk mengetahui pelaksanaan program tahfidz al- Qur’an di Asrama Putra Pondok Pesantren Al Islam Joresan. (2) Untuk mengetahui kontribusi program tahfidz al Qur’an dalam meningkatkan sikap tanggung jawab santri. (3) Untuk mengetahui kontribusi program tahfidz al Qur’an dalam meningkatkan sikap disiplin santri.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus di Asrama Putra Pondok Pesantren Al Islam Joresan. Untuk teknik pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan pada analisis datanya menggunakan konsep Miles dan Hubermant meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa: (1) Pelaksanaan program tahfidz al Qur’an di Asrama Putra telah sesuai dengan yang direncanakan. Tujuan diadakan tahfidz al Qur’an di Asrama Putra ialah untuk memfasilitasi santri yang ingin menghafal al Qur’an. Pelaksanaan tahfidz al Qur’an di Asrama Putra dilakukan setiap hari Sabtu, Ahad, Selasa, dan Rabu malam. Selepas sholat magrib. Metode yang digunakan oleh setiap ustadz berbeda-beda. Akan tetapi mayoritas menggunakan metode bin nadzar dan talaqqi. Dalam proses pembelajaran tahfidz, santri dibagi menjadi tiga kelompok yang masing-masing dibimbing dengan satu ustadz. (2) Program tahfidz al Qur’an di Asrama Putra berkontribusi positif dalam meningkatkan sikap tanggung jawab santri. Diketahui dari kebiasaan santri yang mengikuti tahfidz al Qur’an memiliki sikap tanggung jawab yang lebih. Terutama dalam melaksanakan tugas yang diberikan ustadz. Dalam kebiasaan keseharian santri yang mengikuti tahfidz cenderung lebih rajin. Hal ini mengindikasikan bahwa terdapat peran yang positif dalam meningkatkan sikap tanggung jawab santri. Sebagai contoh santri tahfidz selalu menyetorkan hafalan kepada ustadznya, setiap saat santri tahfidz selalu mensima’kan antar teman ayat yang telah dihafalkan. Hal tersebut merupakan tugas yang diberikan ustadz kepadanya. (3) Program tahfidz al Qur’an di Asrama Putra berkontribusi positif dalam meningkatkan sikap disiplin santri. Terutama santri yang mengikuti tahfidz al Qur’an. Diketahui bahwa santri yang mengikuti tahfidz selalu hadir dalam setiap proses pembelajaran, selalu menyetorkan hafalan sesuai waktu yang telah ditentukan, serta selalu mentaati peraturan yang telah ditetapkan oleh pengurus asrama putra.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: ERWIN YUDI PRAHARA
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 31 May 2021 06:54
Last Modified: 31 May 2021 06:54
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14327

Actions (login required)

View Item View Item