Pengaruh Perhatian Dan Motivasi Orangtua Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Siklus Hidup Kelas IV Sd Negeri Plumpung 1 Plaosan Magetan

Rohana, Ama (2021) Pengaruh Perhatian Dan Motivasi Orangtua Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Siklus Hidup Kelas IV Sd Negeri Plumpung 1 Plaosan Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI AMA ROHANA 210617136 ETHESIS.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Rohana , Ama. 2021. Pengaruh Perhatian dan Motivasi Orangtua Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Materi Siklus Hidup Kelas IV SDN Plumpung 1 Plaosan Magetan,Skripsi. Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing Ulum Fatmahanik, M.Pd.

Kata Kunci: Perhatian Orangtua , Motivasi Orangtua, Hasil Belajar
Hasil belajar yang tinggi atau rendah menunjukkan keberhasilan guru dalam menyampaikan materi pelajaran dalam proses pembelajaran. Hasil belajar idealnya tidak hanya dalam bentuk pemahaman semata. Suatu proses pembelajaran dikatakan berhasil jika kompetensi yang telah ditetapkan dapat dicapai oleh semua siswa yang mengikuti proses pembelajaranRendahnya hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA di SDN Plumpung 1 dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya yaitu pengaruh perhatian dan motivasi orangtua. Jika perhatian dan motivasi orangtua yang diberikan positif atau cukup maka hasil belajar siswa akan semakin baik begitu pula sebaliknya.
Perhatian dan motivasi orangtua sangat berpengaruh terhadap hasil belajar karena hasil belajar memiliki kedudukan yang sangat penting dan tidak dapat dipisahkan dari proses pembelajaran.
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui adakah pengaruh antara perhatian orangtua terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA (2) pengaruh antara motivasi orangtua terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA (3)pengaruh perhatian dan motivasi orangtua secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA .
Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto dengan sampel 20 siswa.Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhana dan regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara perhatian orangtua terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPA materi Siklus Hidup dengan hasil perhitungan menggunakan regresi linier sederhana diperoleh nilai Fhitung > Ftabel (13,224 > 4,41) dan nilai signifikasi <α 0.002 < 0,050. Kemudian nilai R= 0,651 dengan tingkat korelasi kuat dan besarnya kontribusi sebesar 42,4% . (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara perhatian orangtua terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPA materi Siklus Hidup dengan hasil perhitungan menggunakan regresi linier sederhana diperoleh nilai Fhitung > Ftabel (4,634 > 4,41) dan nilai signifikasi <α 0.045< 0,050 maka dapat dikatakan Ho ditolak. Kemudian nilai R= 0,452 dengan tingkat korelasi sedang dan besarnya kontribusi sebesar 20,5% (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara perhatian dan motivasi orangtua terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPA materi Siklus Hidup dengan hasil perhitungan menggunakan regresi linier berganda diperoleh nilai Fhitung >Ftabel (8,765> 3,59) dan nilai signifikasi <α 0.002 < 0,050 maka dapat dikatakan Ho ditolak. Kemudian nilai R= 0,713 dengan tingkat korelasi kuat dan besarnya kontribusi sebesar 50,8%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ulum Fatmahanik
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 31 May 2021 06:53
Last Modified: 31 May 2021 06:53
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14324

Actions (login required)

View Item View Item