Pengaruh Pembelajaran Melalui Aplikasi Whatsapp dan Google Classroom Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Kelas 8 SMPN 1 Wonoasri Kec. Wonoasri Kab. Madiun Tahun Pelajaran 2020/2021.

Kuncoro, Hengky Wahyu (2021) Pengaruh Pembelajaran Melalui Aplikasi Whatsapp dan Google Classroom Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Kelas 8 SMPN 1 Wonoasri Kec. Wonoasri Kab. Madiun Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317022_HENGKY WAHYU KUNCORO_PAI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Kuncoro, Hengky Wahyu. 2021. Pengaruh Pembelajaran Melalui Aplikasi Whatsapp dan Google Classroom terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Penidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Kelas 8 SMPN 1 Wonoasri Kec. Wonoasri Kab. Madiun Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FATIK). Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Dr. Kharisul Wathoni, S.Ag. M.Pd.I.
Kata Kunci: Whatsapp, Google Classroom, Minat Belajar
Wabah corona virus disease (COVID-19) yang melanda lebih dari 200 negara di dunia, telah memberikan tantangan tersendiri bagi lembaga pendidikan. Mengantisipasi penularan virus tersebut pemerintah telah menegeluarkan kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Kondisi ini mengharuskan berbagai sekolah dan masyarakat agar tetap stay home, bekerja dan beribadah di rumah. Sebelumya, peneliti mengamati siswa di SMPN 1 Wonoasri dengan observasi. Dengan berdiskusi dengan beberapa siswa dan dengan beberapa guru yang mengajar di SMPN 1 Wonoasri, peneliti mendapat sebuah poin bahwa siswa mengalami penurunan minat belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pembelajaran melalui aplikasi Whatsapp terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di kelas 8 SMPN 1 Wonoasri. (2) Mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pembelajaran melalui aplikasi Google Classroom terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di kelas 8 SMPN 1 Wonoasri. (3) Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pembelajaran melalui aplikasi Whatsapp dan Google Classroom terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di kelas 8 SMPN 1 Wonoasri.
Penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode Ex Post Facto, yang datanya menggunakan angka-angka. Populasi dalam Penelitian ini adalah siswa kelas 8 SMPN 1 Wonoasri yauti 243 siswa, dengan sampel yang di ambil yakni 31 siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan dokumentasi.
Berdasarkan dari analisis data ditemukan bahwa: (1) Persamaan regresi Y = 16,877 + 0,600 X1 yang berarti Y akan meningkat jika X1 juga ditingkatkan. Dengan nilai P-value 0,000 < (α) 0,05 sehingga H0 ditolak, yang berarti X1 berpengaruh terhadap Y. Dan berdasar nilai R2 yaitu 0,486 yang berarti pembelajaran melalui aplikasi Whatsapp berpengaruh sebesar 48,6% terhadap minat belajar siswa. (2) Persamaan regresi Y = 14,354 + 0,664 X2 yang berarti Y akan meningkat jika X2 juga ditingkatkan. Dengan nilai P-value 0,003 < (α) 0,05 sehingga H0 ditolak, yang berarti X2 berpengaruh terhadap Y. Dan berdasar nilai R2 yaitu 0,271 yang berarti pembelajaran melalui aplikasi Google Classroom berpengaruh sebesar 27,1% terhadap minat belajar siswa.(3) Persamaan regresi Y = 15,136 + 0,565 X1 + 0,075 X2. Dengan nilai P-value 0,000 < (α) 0,05 sehingga H0 ditolak, yang berarti X1 dan X2 berpengaruh terhadap Y. berdasar nilai R2 yaitu 0,487 yang berarti pembelajaran melalui aplikasi Whatsapp dan Google Classroom berpengaruh sebesar 48,7% terhadap minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kharisul Wathoni
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 31 May 2021 06:35
Last Modified: 31 May 2021 06:35
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14323

Actions (login required)

View Item View Item