Pengaruh Budaya Religius Madrasah dan Prestasi Belajar PAI Siswa terhadap Perilaku Keagamaan Siswa Kelas X MAN 3 Magetan Tahun Pelajaran 2020/2021

Syamsudin, Ali (2021) Pengaruh Budaya Religius Madrasah dan Prestasi Belajar PAI Siswa terhadap Perilaku Keagamaan Siswa Kelas X MAN 3 Magetan Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317004 ALI SYAMSUDIN PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Syamsudin, Ali. 2021. Pengaruh Budaya Religius Madrasah dan Prestasi Belajar PAI Siswa terhadap Perilaku Kegamaan Siswa Kelas X MAN 3 Magetan Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI). Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan (FATIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Dr. Andhita Dessy Wulansari, M.Si
Kata Kunci: Budaya Religius Madrasah, Prestasi Belajar PAI, Perilaku Keagamaan.
Perilaku keagamaan adalah sikap atau perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai keagamaan atau spiritual. Perilaku atau tingkah laku menjadi bagian penting pendidikan agama Islam, karena akhlak atau perilaku menjadi cerminan kepribadian manusia itu sendiri, sehingga perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai keislaman menjadi tujuan utama dalam Pendidikan Agama Islam. Berdasarkan pengamatan awal peneliti di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Magetan, peneliti melihat ada sebagian peserta didik yang tingkat perilaku spiritual atau keagamaannya masih kurang atau belum maksimal, misal dari tingkat kedisiplinan yang kurang, terlihat dari masih ada beberapa peserta didik yang datang terlambat begitu juga dengan tanggung jawab yang belum maksimal, terlihat dari petugas piket yang lalai, serta juga masih adanya siswa yang belum begitu lancar dalam membaca Al-Qur’an atau juga menulis Arab. Menurut pengamatan peneliti, hal ini disebabkan oleh kebiasaan siswa yang sebelumnya telah terbentuk, dan juga pengaruh lingkungan, yang sebelumnya tidak mendukung pembinaan perilaku kegamaan siswa ini. Oleh karena itu ada beberapa usaha yang dilakukan madrasah dalam membina perilaku kegaamaan siswa ini, salah satunya dengan menciptakan pembiasaan atau budaya religius di madrasah disamping itu juga melalui peran pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di dalam kelas, sehingga berkaitan dengan prestasi belajar PAI siswa di madrasah.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui ada atau tidaknya pengaruh dari budaya religius madrasah terhadap perilaku keagamaan siswa di MAN 3 Magetan. (2) mengetahui ada atau tidaknya pengaruh dari prestasi belajar PAI siswa terhadap perilaku keagamaan siswa di MAN 3 Magetan.(3) mengetahui ada atau tidaknya pengaruh dari budaya religius madrasah dan prestasi belajar PAI siswa terhadap perilaku keagamaan siswa di MAN 3 Magetan.
Untuk menjawab pertanyaan tersebut penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, yang datanya menggunakan angka-angka. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 3 Magetan yakni 196 siswa, dengan teknik sampling simple random sampling dan berdasarkan tabel Slovin didapatkan sampel sejumlah 131 siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi.
Berdasarkan dari analisis data ditemukan bahwa: (1) budaya religius madrasah berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku keagamaan siswa di MAN 3 Magetan dengan persamaan/ model regresi Y = 60,643 + 0,281X1, serta pengaruh sebesar 8,9%. (2) prestasi belajar PAI siswa berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku keagamaan siswa di MAN 3 Magetan, dengan persamaan/ model regresi Y = 56,496 + 0,333X2 serta pengaruh sebesar 6%. (3) budaya religius madrasah dan prestasi belajar PAI siswa berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku keagamaan siswa di MAN 3 Magetan, dengan persamaan/ model regresi Y = 37,636 + 0,261X1 + 0,297X2, serta pengaruh sebesar 13,7%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Andhita Dessy Wulansari
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 31 May 2021 06:52
Last Modified: 31 May 2021 06:52
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14322

Actions (login required)

View Item View Item