konsep pendidikan berbakti kepada orang tua menurut m. quraish shihab di tafsir al-mishbah

Susana, Susana (2021) konsep pendidikan berbakti kepada orang tua menurut m. quraish shihab di tafsir al-mishbah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210316211_SUSANA_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Susana. 2021. Konsep Pendidikan Berbakti kepada Orang Tua Menurut M. Quraish Shihab di Tafsir Al-Mishba>h. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Ahmad Lutfi, M.Fil.I.

Kata Kunci: Pendidikan, Berbakti kepada Orang Tua, Tafsir Al-Mishba<h, QS. Al-Isra’ ayat 23-24
Pendidikan memiliki unsur-unsur yang mempengaruhi dalam proses keberlangsungannya yang meliputi: tujuan pendidikan, pendidik, peserta didik, materi pendidikan, metode, media, dan alat pendidikan, beserta lingkungan pendidikan. Salah satu alat pendidikan yang menjadi cara/metode dalam mendidik anak adalah metode perintah dan larangan. Al-Qur’an sebagai sumber utama pendidikan banyak memuat ayat-ayat yang berisi perintah dan larangan. Salah satunya yaitu memuat tentang perintah dan larangan dalam berbakti kepada orang tua sebagaimana dalam QS. Al-Isra’ ayat 23-24 di Tafsir Al-Mishba>h karya M. Quraish Shihab.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui arti/tafsir QS. Al-Isra’ ayat 23-24 di Tafsir Al-Mishba>h karya M. Quraish Shihab serta untuk mengetahui pendidikan berbakti kepada orang tua dalam QS. Al-Isra’ ayat 23-24 di Tafsir Al-Mishba>h karya M. Quraish Shihab.
Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif, dengan menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research). Sumber data primer yang digunakan dalam penelitian adalah Tafsir Al-Mishba>h karya M. Quraish Shihab beserta sumber data sekunder sebagai pendukung. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis isi (content analysis) yaitu melakukan analisis terhadap isi pesan atau komunikasi.
Berdasarkan analisis data diketahui bahwa dalam QS. Al-Isra’ ayat 23-24 di Tafsir Al-Mishba>h karya M. Quraish Shihab memuat unsur pendidikan berupa perintah dan larangan. Unsur perintah dalam Al-Qur’an surat Al-Isra’ ayat 23-24 yaitu: 1) perintah untuk berbuat baik (ih}sa>n) kepada orang tua; 2) perintah untuk berkata baik (mulia) kepada orang tua; 3) perintah untuk merendahkan diri di hadapan orang tua; 4) perintah untuk mendoakan orang tua. Sedangkan unsur larangan dalam Al-Qur’an surat Al-Isra’ ayat 23-24 yaitu: 1) tidak boleh mengatakan “ah” kepada orang tua; 2) tidak boleh membentak orang tua. Berbakti kepada orang tua dalam Surat Al-Isra’ ayat 23-24 di Tafsir Al- Mishba>h adalah berbuat ih}sa>n kepada orang tua. Ih}sa>n adalah memperlakukan seseorang melebihi perlakuannya kepada Anda. Sehingga perbuatan ih}sa>n kepada orang tua adalah “bersikap sopan kepada orang tua baik dalam ucapan dan perbuatan sesuai dengan adat kebiasaan masyarakat, sehingga merasa senang kepada kita, serta mencukupi kebutuhan-kebutuhan mereka yang sah dan wajar sesuai kemampuan kita sebagai seorang anak”. Pendidikan berbakti kepada orang tua menurut M. Quraish Shihab di Tafsir Al-Mishba>h berdasarkan penafsiran Surat Al-Isra’ ayat 23-24 adalah pendidikan berdasarkan perintah dan larangan tentang berbakti kepada orang tua. Upaya dalam mendidik anak dapat disampaikan melalui metode perintah dan larangan yang bertujuan untuk memperkenalkan perintah dan larangan Allah swt. tentang berbakti kepada orang tua.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Lutfi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 31 May 2021 06:49
Last Modified: 31 May 2021 06:49
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14313

Actions (login required)

View Item View Item