(Scanan TTD belum rapi)Kegiatan Jumat Pagi Berkah Untuk Meningkatkan Motivasi Beribadah Masyarakat: Studi Kasus Jamaah Masjid Al-Hidayah Desa Kaponan Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo

Wahyuningsih, Rina (2021) (Scanan TTD belum rapi)Kegiatan Jumat Pagi Berkah Untuk Meningkatkan Motivasi Beribadah Masyarakat: Studi Kasus Jamaah Masjid Al-Hidayah Desa Kaponan Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210317245 RINA WAHYUNINGSIH SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Wahyuningsih, Rina. 2021.Kegiatan Jumat Pagi Berkah Untuk Meningkatkan Motivasi Beribadah Masyarakat: Studi Kasus Jamaah Masjid Al-Hidayah Desa Kaponan Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr.H.M. Miftahul Ulum, M.Ag.

Kata Kunci: Motivasi Beribadah, Jumat Berkah.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman masyarakat terkait ketaatan beribadah.Ibadah merupakan sikap kerendahan manusia sebagai makhluk dari yang Maha segalanya. Tanpa adanya Allah sang pencipta manusi tidak berarti apa-apa.Sa}la>t merupakan ibadah yang wajib dilakukan semua umat muslim tanpa terkecuali. Melaksanakan sa}la>takan lebih utama dilakukan secara berjamaah. Masjid merupakan sarana beribadah umat muslim yang sudah tersebar dimana-mana. Keberadaan masjid haruslah di fungsikan sebagaimana mestinya. Dalam melaksanakan suatu kegiatan diperlukan motivasi untuk mencapai suatu tujuan yang diharapkan.
Penelitian ini bertujuan adalah (1)untuk menjelaskan latar belakang diadakan kegiatan Jumat pagi berkah di masjid al-Hidayah Kaponan Mlarak Ponorogo, (2) untuk menjelaskan pelaksanaan kegiatan Jumat pagi berkah di masjid al-Hidayah Kaponan Mlarak Ponorogo, (3) untuk menjelaskan dampak kegiatan Jumat pagi berkah terhadap motivasi masyarakat dalam melakukan sa}la>tSubuh berjamaah.
Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus di masjid al-Hidayah. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan pada analisis datanya Miles dan Hubermanyaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Adapun hasil penelitian ini yaitu, (1) latar belakang kegiatan Jumat pagi berkah terdapat tiga faktor yakni, faktor lingkungan, faktor tingkat sosial dan faktor tingkat pemahaman keagamaan masyarakat. (2) kegiatan Jumat pagi berkah dilakukan pada hari Jumat usai melakukan salat subuh berjamaaah. Bentuk kegiatan Jumat pagi berkah yakni dengan memberikan sedekah pada jamaah yang melakukan salat subuh berjamaah. (3) dampak kegiatan Jumat pagi berkah meliputi dampak terhadap agama yakni semakin bertambahnya ketaatan seseorang. Dampak terhadap kehidupan sosial seperti semakin meningkatnya rasa saling peduli antar sesaama. Dampak terhadap kehidupan individu seperti semakinmeningkatnya semangat untuk melakukan ibadah dan amal saleh.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Miftahul Ulum
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 31 May 2021 03:49
Last Modified: 31 May 2021 08:04
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14299

Actions (login required)

View Item View Item