model koneksi kurikulum muatan lokal dengan kurikulum nasional (Studi di Madrasah Aliyah Jurusan Ilmu Ilmu Keagamaan Pondok Pesantren Al Hidayah Sondriyan Kendal Ngawi)

Mabrur, Muhammad (2021) model koneksi kurikulum muatan lokal dengan kurikulum nasional (Studi di Madrasah Aliyah Jurusan Ilmu Ilmu Keagamaan Pondok Pesantren Al Hidayah Sondriyan Kendal Ngawi). Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Tesis_Muhammad Mabrur_MPI Madin 2019.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al Hidayah Jurusan Ilmu Ilmu Keagamaan meracik kurikulumnya dengan komposisi 80 % muatan lokal berupa kitab kuning dan 20 % dari muatan nasional berupa mata pelajaran umum, hal ini menarik untuk dijadikan objek penelitian.Ttujuan penelitian ini untuk mengetahui manajemen kurikulum muatan lokal di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al Hidayah lalu menjelaskan model koneksinya dengan kurikulum nasional. Untuk mencapai tujuan ini Peneliti menggunakan metode pengumpulan data dan analisis data yang mengacu pada kaidah-kaidah penelitian kualitatif. Pengumpulan data penelitian diperoleh dengan teknik observasi, wawancara dan studi dokumen. Hasil penelitian mengungkapkan temuan bahwa kurikulum muatan lokal di Madrasah Aliyah Al Hidayah dilaksanakan dalam bentuk intrakurikuler, extrakurikuler dan kokurikuler, manajemen kurikulumnya meliputi: 1) Perencanaan, kurikulum dilaksanakan sesuai dengan struktur perencanaan yang telah dibuat, di antaranya seperti persiapan mengajar dan program-program sekolah lainnya, akan tetapi masih perlu dilakukan penyelarasan rencana yang telah dibuat supaya dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan rapat perencanaan pada awal tahun pelajaran. 2) Pelaksanaan kurikulum di realisasikan oleh kepala madrasah dan guru, hal ini dapat terlihat dari berlangsungnya kegiatan belajar mengajar setiap harinya. 3) Evaluasi kurikulum dilakukan dengan mengevaluasi konteks, input, proses dan outputnya. Adapun model koneksi kegiatan kurikulum muatan lokal dengan kurikulum nasional di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al Hidayah Jurusan Ilmu Ilmu Keagamaan ditemukan ada 4 model koneksi yaitu: Model al-Mutarabitah, model al-Munfasalah, model al-Mihwari dan model al-Nashat.

ABSTRACT

Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al Hidayah, Department of Religious Sciences formulates its curriculum with a composition of 80% local content in the form of yellow books and 20% of national content in the form of general subjects, this is interesting to be the object of research. This study endeavors to discover the local content curriculum's implementation and its relevance to the national curriculum. Specifically, qualitative approaches, such as data collection and data analysis, were invoked to deal with this problem. Also, we strictly select the interviewees based on their active involvement with the local content curriculum management. Research data collection was obtained by observation, interview, and document study. Simulations reveal that the local content curriculum at Madrasah Aliyah Islamic Boarding School Al Hidayah is implemented in intra curricular, extra curricular, and cocurricular activities, in which the organizational system is including 1) Planning, the local curriculum of madrasah inline with the planned strategy, such as a teaching preparation or other programs. However, some adjustments are required to achieve the goal that has been planned before; 2) The head of the madrasah and teachers carries out the implementation of the curriculum, which can be seen from the teaching-learning routine; 3) Curriculum evaluation at Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al Hidayah is carried out by evaluating its context, input, process, and output. The connection model for local content curriculum activities with the national curriculum at Madrasah Aliyah Islamic Boarding School Al Hidayah Department of Religious Sciences found four connection models, al-Mutarabitah, al-Munfasalah, al-Mihwari, and al-Nashat models.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Basuki
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 31 May 2021 03:54
Last Modified: 31 May 2021 03:54
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14297

Actions (login required)

View Item View Item