strategi guru dalam menanamkan nilai agama dan moral anak usia dini pada kelompok a di ra aisyiyah simo 1 jenangan ponorogo

Muzahrah, Ilham (2021) strategi guru dalam menanamkan nilai agama dan moral anak usia dini pada kelompok a di ra aisyiyah simo 1 jenangan ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 211117036 ILHAM MUZAHRAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Muzahrah, Ilham. 2021. Strategi Guru dalam Menanamkan Nilai Agama dan Moral Anak Usia
Dini pada Kelompok A di Raudhatul Athfal Aisyiyah Simo 1 Jenangan Ponorogo.
Skripsi. Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu
Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Umi Rohmah,
M.Pd.I.
Kata Kunci: Strategi guru, Nilai agama dan moral, Anak usia dini.
Agama dan moral memiliki hubungan yang erat. Seseorang taat beragama, moralnya akan
baik. Namun sebaliknya, apabila seseorang memiliki akhlak yang rendah, maka nilai moral dan
agamanya turut merosot. Penanaman nilai agama dan moral anak usia dini di RA Aisyiyah Simo
1 masih belum berjalan dengan optimal. Di masa pandemik covid-19 ini, ada beberapa strategi
yang tidak terlaksana.
Penelitian ini bertujuan: 1) mengetahui pelaksanaan penanaman nilai agama dan moral
anak usia dini, 2) mengetahui strategi guru dalam menanamkan nilai agama dan moral anak usia
dini, dan 3) mengetahui capaian perkembangan nilai agama dan moral anak usia dini pada
kelompok A di RA Aisyiyah Simo 1 Jenangan Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus.
Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Analisis data yang digunakan adalah model Milles dan Huberman dengan langkah-langkah: 1)
reduksi data, 2) display data, dan 3) penarikan kesimpulan/verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pelaksanaan penanaman nilai agama dan moral
anak usia dini di RA Aisyiyah Simo 1 berjalan dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan guru yang
mampu menjadi teladan yang baik dan memberi pembiasaan yang positif mulai dari kegiatan
penyambutan, pembuka, inti, dan kegiatan penutup, 2) strategi yang dilakukan guru meliputi
menanamkan rasa cinta kepada Allah, pembiasaan, memberi rasa aman pada anak, memberi
penghargaan, keteladanan, kasih sayang, dan menyediakan waktu untuk anak bermain, 3)
capaian perkembangan nilai agama dan moral anak usia dini pada kelompok A mayoritas berada
pada kategori berkembang sesuai harapan. Hal ini dapat dilihat dari setiap indikator capaian
perkembangan anak usia dini, yang meliputi, a) mengetahui agama yang dianutnya berada pada
kategori berkembang sesuai harapan, b) meniru gerakan beribadah dengan urutan yang benar,
berada pada kategori mulai berkembang, c) mengucapkan doa sebelum dan/atau sesudah
melakukan sesuatu berada pada kategori berkembang sesuai harapan, d) mengenal perilaku
baik/sopan dan buruk, berada pada kategori berkembang sesuai harapan, e) membiasakan diri
berperilaku baik, berada pada kategori berkembang sesuai harapan, dan f) mengucapkan salam
dan membalas salam, berada pada kategori berkembang sesuai harapa

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Umi rohmah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 31 May 2021 06:35
Last Modified: 31 May 2021 06:35
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14295

Actions (login required)

View Item View Item