Peran Guru dan Orang Tua dalam Meningkatkan Kemampuan Calistung Siswa Kelas 1 (Studi Kasus di SDIT Al Uswah Barat Magetan)

Kamilah, Imtitsal (2021) Peran Guru dan Orang Tua dalam Meningkatkan Kemampuan Calistung Siswa Kelas 1 (Studi Kasus di SDIT Al Uswah Barat Magetan). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_210617155_IMTITSAL KAMILAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Calistung menjadi keterampilan yang membudaya bagi masyarakat. Dalam jenjang sekolah dasar kemampuan intelektual pada masa ini sudah cukup untuk menjadi dasar diberikannya berbagai kecakapan yang dapat mengembangkan pola pikir dan daya nalarnya seperti membaca, menulis, dan berhitung. Calistung saat ini masuk kedalam pelajaran tematik, implementasi kurikulum 2013 dengan menumbuhkan keterampilan membaca, menulis, dan berhitung secara maksimal perlu adanya penguatan. Di SDIT Al Uswah Barat terdapat siswa kelas 1 yang memerlukan pendampingan dalam meningkatkan kemampuan calistung. Pendampingan ini dapat diberikan dari peran guru sebagai pengelola kelas dan peran orang tua sebagai motivator bagi siswa. Sebagaimana yang dikemukakan Ki Hajar Dewantara bahwa pendidikan berlangsung dari tiga lingkungan, yaitu keluarga, sekolah, dan lingkungan.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan peran guru sebagai pengelolaan kelas dalam meningkatkan kemampuan calistung siswa kelas 1 SDIT Al Uswah Barat (2) mendeskripsikan peran orang tua sebagai motivator dalam meningkatkan kemampuan calistung siswa kelas 1 SDIT Al Uswah Barat selama di rumah.
Untuk menjawab pertanyaan di atas, penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini akan menghasilkan data deskriptif yang berupa kata bukan angka dengan melibatkan kejadian yang ada. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan studi kasus, Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian lapangan (field research) serta dilaksanakan di SDIT Al Uswah Barat. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan menggunakan pengumpulan data, reduksi, penyajian data, dan kesimpulan. Pengecekan keabsakan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam meningkatkan kemampuan calistung siswa kelas 1 di SDIT Al Uswah Barat (1) Guru sebagai pengelola kelas memberikan pengelolaan ruang belajar yang tepat dengan memberikan energi yang positif kepada siswa, dalam pengelolaan siswa guru memberikan pemusatan konsentrasi kepada siswa, dan dalam mengaktifkan peserta didik memberikan proses pembelajaran yang baik dan nyaman. (2) Orang tua sebagai motivator memberikan motivasi kepada anak dengan baik, mendukung perkembangan kemampuan calistung anak dengan pemberian hadiah, kompetisi, hukuman, pujian, dan mengkondisikan situasi lingkungan

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ika Rusdiana
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 31 May 2021 02:59
Last Modified: 31 May 2021 02:59
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14285

Actions (login required)

View Item View Item