Analisis Kemampuan Berfikir Reflektif Dalam Menyelesaikan Permasalahan Berbasis Isu Sosial Ilmiah Ditinjau Dari Perbedaan Gender Di MTs. Sulamul Huda

Afina, Aulatun Ningrum (2021) Analisis Kemampuan Berfikir Reflektif Dalam Menyelesaikan Permasalahan Berbasis Isu Sosial Ilmiah Ditinjau Dari Perbedaan Gender Di MTs. Sulamul Huda. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
211317031_Afina Aulatun Ningrum_Tadris IPA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pendidikan menjadi salah satu problema dan objek yang banyak diperbincangkan diberbagai kelompok baik pada lingkup wilayah daerah, terutama oleh para ahli pendidikan. Tantangan besar dalam dunia pendidikan yakni mencetak peserta didik yang unggul dalam berlogika dan mengambil keputusan pada suatu permasalahan. Salah satunya adalah kemampuan peserta didik dalam mengelaborasikan keterampilan bernalar dalam berbagai aspek. Akan tetapi, kenyataannya kemampuan kognitif peserta didik pada tingkat SMP yang meliputi kemampuan berfikir reflektif masih tergolong rendah. Padahal, kemampuan berfikir reflektif sangat dibutuhkan peserta didik dalam membantu menyelesaikan permasalahan, terutama pada mata pelajaran IPA.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui tingkat kemampuan berfikir reflektif peserta didik dalam menyelesaikan masalah berbasis isu sosial ilmiah ditinjau dari perbedaan gender di MTs. Sulamul Huda, (2) mengetahui analisis kemampuan berfikir reflektif dalam menyelesaikan masalah berbasis isu sosial ilmiah ditinjau dari perbedaan gender di MTs. Sulamul Huda, (3) mengetahui faktor-faktor pendukung yang dapat mempengaruhi kemampuan berfikir reflektif peserta didik dalam menyelesaikan masalah berbasis isu sosial ilmiah ditinjau dari perbedaan gender di MTs. Sulamul Huda. Penelitian ini menggunakan metode wawancara semi terstruktur dan dokumentasi sebagai instrumen pengumpulan data.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa (1) Terdapat perbedaan pada tingkat kemampuan berfikir reflektif peserta didik kelas VII di MTs. Sulamul Huda dalam menyelesaikan permasalahan berbasis isu sosial ilmiah. (2) Rata-rata kemampuan berfikir reflektif peserta didik perempuan lebih tinggi dari pada peserta didik laki-laki dalam menyelesaikan permasalahan berbasis isu sosial ilmiah di MTs. Sulamul Huda. (3) Faktor-faktor yang mempengaruhi peserta didik dalam kemampuan berfikir reflektif dalam menyelesaikan masalah diantaranya sarana dan prasarana sekolah, motivasi peserta didik, dan latar belakang keluarga.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Hanin Niswatul Fauziah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 31 May 2021 02:42
Last Modified: 31 May 2021 02:42
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14278

Actions (login required)

View Item View Item