Implementasi Metode Edutainment Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran SKI Di Kelas X MA Putri Ma'arif Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021

Zuhdi, Muhammad Farhan (2021) Implementasi Metode Edutainment Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran SKI Di Kelas X MA Putri Ma'arif Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI MUHAMMAD FARHAN ZUHDI (210317145).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Zuhdi, Muhammad Farhan. 2021. Implementasi Metode Edutainment Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran SKI Di Kelas X MA Putri Ma’arif Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Afif Syaiful Mahmudin, M.Pd.I
Kata Kunci: Metode Edutainment, Video Pembelajaran, Minat Belajar Siswa, SKI.
Berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintan dalam rangka meningkatkan sistem pembelajaran yang sesuai dengan lingkungan dan karakteristik siswa di Indonesia. Diantaranya, mulai dirubahnya kurikulum pendidikan dan dirumuskannya peraturan-peraturan baru yang berkenaan dengan standar proses pendidikan, Namun demikian upaya ini tampaknya belum membuahkan hasil yang memuaskan, ditambah lagi sistem pembelajaran mengalami perbuhanan karena adanya pandemic global yang melanda berbagai negara salah satunya Indonesia. Hal ini terlihat dari timbulnya masalah-masalah baru di kelas X MA Putri Ma’arif Ponorogo, diantaranya yaitu kurangnya minat belajar siswa sera siswa kesulitan dalam kegiatan proses pembelajaran. Masalah lain yang ditemukan adalah guru dalam kegiatan proses pembelajaran hanya menggunakan metode ceramah saja, serta kurang mengoptimalkan metode dan media pembelajaran. Sehingga siswa merasa bosan dan kurang menyukai kegiatan proses pembelajaran. Untuk itu peningkatan mutu pendidikan harus segera dilakukan dengan menerapkan penggunaan metode dan media pembelajaran yang dapat meningkatkan minat siswa dalam belajar. Metode pembelajaran tersebut dalah metode edutainment.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) kelas X dengan menggunakan metode edutainment.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian PTK (Classroom Action Research) yang disajikan dalam II siklus, dalam setiap siklusnya terdiri dari 4 tahap yaitu : perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflecting).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran dan minat belajar siswa pada mata pelajaran SKI pada siklus I dan siklus II dengan menggunakan metode edutainment terbukti sangat memuaskan. Pada siklus I siswa yang minatnya sangat tinggi berjumah 11 siswa dari jumlah keseluruhan 28 siswa, dengan prosentase 39,2%, dan pada siklus II siswa yang minatnya sangat tinggi berjumlah 21 siswa dengan prosentase 75 %. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode edutainment dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di kelas X MA Putri Ma’arif Ponorogo tahun ajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Afif Syaiful Mahmudin
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 31 May 2021 02:58
Last Modified: 31 May 2021 02:58
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14276

Actions (login required)

View Item View Item