Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Surat Al-Kāhfi Ayat 09-26 Serta Relevansinya Dengan Nilai-Nilai Pendidikan Nasional Menurut UU Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003

Mahfuds, Yusqi (2021) Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Surat Al-Kāhfi Ayat 09-26 Serta Relevansinya Dengan Nilai-Nilai Pendidikan Nasional Menurut UU Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_210317423_YUSQI MAHFUDS.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Mahfuds, Yusqi. 2021. Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Surat al-Kāhfi Ayat 09-26 Serta Relevansinya dengan Nilai-Nilai Pendidikan Nasional Menurut UU Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam (IAIN) Ponorogo, Pembimbing. Kayyis Fithri Ajhuri, MA.
Kata Kunci: Nilai, Pendidikan Karakter, Surat al-Kāhfi, UU Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003.
Di era yang serba modern ini, pendidikan karakter mulai terkikis dari waktu ke waktu, tak sedikit melihat perilaku-perilaku yang menyimpang akibat kurangnya penanaman nilai-nilai pendidikan karakter, seperti siswa membolos sekolah, tawuran, dan minum-minuman keras dan kejadian kasus korupsi yang semakin sulit diatasi. Untuk itulah pendidikan dituntut memainkan peran dengan sebaik-baik mungkin. Pendidikan tidak hanya cukup mecetak generasi insan yang cerdas dalam pengetahuan namun juga dituntut untuk mencetak generasi yang unggul dalam karakter dan budi pekerti, seperti halnya yang dicontohkan oleh para pemuda āṣhabul kāhfi. Sebuah cerita diabadikan dalam surat al-Kāhfi ayat 09-26 yang mengambarkan orang-orang yang mempunyai karakter yang patut diteladani, melihat tujuan pendidikan Nasional dinegara kita merupakan amanat UU Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 3 yaitu bertujuan mengembangkan dan membentuk watak serta peradapan bangsa yang bermartabat dalam rangka mercerdasakan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembanya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga Negara yang demokratis dan bertanggung jawab.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk medeskripsikan nilai-inilai pendidikan karakter yang terkandung dalam surat al-Kahfi ayat 09-26. 2) Untuk mengetahui relevansi antara nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam surat al-Kāhfi ayat 09-26 dengan nilai-nilai pendidikan nasional menurut UU Sisdiknas No. 20 Tahun 2003.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan termasuk Jenis penelitian kepustakaan (library research), yang mengkaji beberapa kitab tafsir surat al-Kāhfi ayat 09-26 sebagai sumber data primer dan juga memakai sumber data sekunder sebagai pendukung. Adapun teknis analisis data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah induktif, yaitu cara berfikir yang diawali dari fakta-fakta pendukung yang spesifik, menuju kearah yang lebih umum untuk mencapi kesimpulan.
Penelitian ini menemukan: 1) Nilai-nilai pendidikan karakter yang yang terkandung dalam surat al-Kāhfi ayat 09-26 yaitu meliputi: Pertama. Nilai pendidikan karakter hubunganya dengan Tuhan, yaitu religius, Kedua. Nilai karakter hubunganya dengan diri sendiri, yaitu jujur, percaya diri, bertanggung jawab, berfikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif ingin tahu, sadar diri, berani mengambil resiko, Ketiga. Nilai karakter hubungannya dengan sesama, yaitu cinta damai, peduli sesama. 2) relevansi Nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam surat al-Kahfi ayat 09-26 dengan UU Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003, yaitu: Nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam surat al-Kāhfi ayat 09-26 religius, jujur, cinta damai, peduli sesama, berfikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif, tanggung jawab relevan dengan UU Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003 yaitu menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, kreatif, dan bertanggung jawab. Selain itu dalam penelitian ini juga menemukan beberapa nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam surat al-Kāhfi ayat 09-26 namun tidak ada relevansinya dengan UU Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003 yaitu berani mengambil resiko, sadar diri, percaya diri, dan ingin tahu.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kayyis Fithri Ajhuri
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 31 May 2021 03:07
Last Modified: 31 May 2021 03:07
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14270

Actions (login required)

View Item View Item