(FILE HARUS PDF, KEASLIAN TULISAN PAKAI MATERAI 10 RB, SILAKAN LIHAT DI WEB KAIDAH UPLOAD SKRIPSI)..SILAKAN UPLOAD ULANG..Motivasi Santri Dalam Menghafal Nadzom Kitab Alfiyah Ibnu Malik Di Pondok Pesantren Al-Barokah Mangunsuman Siman Ponorogo

Yuslizar, Chairul (2021) (FILE HARUS PDF, KEASLIAN TULISAN PAKAI MATERAI 10 RB, SILAKAN LIHAT DI WEB KAIDAH UPLOAD SKRIPSI)..SILAKAN UPLOAD ULANG..Motivasi Santri Dalam Menghafal Nadzom Kitab Alfiyah Ibnu Malik Di Pondok Pesantren Al-Barokah Mangunsuman Siman Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
Skripsi Chairul Yuslizar_210317141.docx

Download (1MB)

Abstract

Chairul Yuslizar, 2021. Motivasi Santri dalam Menghafal Nadzom Kitab Alfiyah Ibnu Malik di Pondok Pesantren Al-Barokah Mangunsuman, Siman, Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo.
Pembimbing Dr. Afif Syaiful Mahmudin. M. Pd. I.
Kata Kunci: Motivasi Santri, Hafalan Nadzom Kitab Alfiyah Ibnu Malik.

Menghafalkan nadzom kitab adalah salah satu ciri khas tradisi yang sering diterapkan dalam dunia pesantren. Dan banyak juga yang menganggap bahwa aktifitas menghafal itu beban dan membosankan, dan dalam menghafal nadzom kitab Alfiyah Ibnu Malik di pondok Al-Barokah itu sendiri para santrinya kurang semangat dalam menghafal karena kurangnya motivasi yang meraka miliki. Oleh karena itu untuk menghafal nadzom kitab Alfiyah Ibnu Malik harus memiliki Motivasi yang tinggi agar dapat mengatasi problematika saat menghafal dan supaya kualitas dalam menghafal meningkat dan segera menyelesaikan hafalannya.
Beberapa permasalahan yang ingin diteliti diantaranya: (1) Bagaimana Motivasi Intrinsik santri dalam menghafal nadzom kitab Alfiyah Ibnu Malik di Pondok Pesantren Al-Barokah Mangunsuman Siman Ponorogo ?, (2) Bagaimana Motivasi Ekstrinsik santri dalam menghafal nadzom kitab Alfiyah Ibnu Malik di Pondok Pesantren Al-Barokah Mangunsuman Siman Ponorogo ?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang bersifat study kasus. Serta Objek Penelitian ini dilakukan di pondok pesantren Al-Barokah Mangunsuman Siman Ponorogo. Prosedur pengumpulan data dilakukan melalui teknik obserbasi, wawancara dan dokumentasi.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa: (1) Motivasi intrinsik santri dalam menghafal nadzom kitab Alfiyah Ibnu Malik di Pondok Pesantren Al-Barokah Mangunsuman Siman Ponorogo adalah ingin bisa membaca kitab kuning yang identik dengan tidak ada kharokatnya, ingin membahagiakan orangtua, serta ingin membalas jasa orangtua dengan jalan menjadi salah satu santri yang bisa mengkhatamkan nadzom kitab Alfiyah Ibnu Malik. (2) Motivasi ekstrinsik santri dalam menghafal nadzom kitab Alfiyah Ibnu Malik di Pondok Pesantren Al-Barokah Mangunsuman Siman Ponorogo adalah dorongan dari orang tua, dorongan dari teman/sahabat, dorongan dari ustadz/ustadzah, serta dorongan dari lingkungan sekitar baik dari lingkungan keluarga maupun lingkungan pondok pesantren.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Afif Syaiful Mahmudin
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 31 May 2021 03:08
Last Modified: 31 May 2021 03:10
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14269

Actions (login required)

View Item View Item