Peran Orang Tua terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di MIN 1 Ponorogo)

Ningrum, Vatonah Julia (2021) Peran Orang Tua terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di MIN 1 Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 210617133 VATONAH JULIA NINGRUM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Ningrum, Vatonah Julia. Peran Orang Tua terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di MIN 1 Ponorogo). Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing Ika Rusdiana, M.A.

Kata Kunci: Peran orang tua, Motivasi, Pengawas, Kedisiplinan siswa
Orang tua memiliki andil besar dalam pendidikan anaknya, terutama dalam meletakkan dasar-dasar disiplin pada anak. Disiplin tidak bisa terbangun secara instan, dibutuhkan proses panjang salah satunya melalui peran orang tua di rumah. Peran orang tua dalam membina kedisiplinan salah satunya yaitu orang tua sebagai motivator dan pengawas. Orang tua bertanggung jawab dalam mengupayakan anak agar dapat berperilaku disiplin, baik hubungannya dengan Tuhan, dirinya sendiri, sesama manusia dan lingkungan sekitar yang sejalan dengan nilai dan norma. Namun selama masa pandemi covid-19 pembelajaran dilaksanakan secara daring, terlihat kurangnya pengawasan orang tua terhadap proses belajar anak karena kesibukannya dalam pekerjaan dan kurangnya motivasi orang tua karena orang tua kurang mengerti mengenai teknologi.
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Bagaimana peran orang tua sebagai motivator dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa pada masa pandemi Covid-19 di MIN 1 Ponorogo? (2) Bagaimana peran orang tua sebagai pengawas dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa pada masa pandemi Covid-19 di MIN 1 Ponorogo? (3) Bagaimana upaya orang tua dalam membentuk kedisiplinan belajar siswa pada masa pandemi Covid-19 di MIN 1 Ponorogo?
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian lapangan (field work), dengan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teori Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) peran orang tua sebagai motivator dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa pada masa pandemi covid-19 di MIN 1 Ponorogo diwujudkan dalam perhatian dalam mengontrol waktu belajar, memantau perkembangan akademik, memantau perkembangan kepribadian anak, serta memberikan penghargaan kepada anak. (2) Peran orang tua sebagai pengawas dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa pada masa pandemi covid-19 di MIN 1 Ponorogo diwujudkan dengan menerapkan pola asuh hangat dan tegas (Autoritative Parenting) yaitu dengan mengajarkan anak mandiri namun tetap memberi batasan dan bersifat terbuka kepada anak. (3) Upaya orang tua dalam membentuk kedisiplinan belajar siswa pada masa pandemi covid-19 di MIN 1 Ponorogo yaitu dilakukan dengan menerapkan teknik disiplin demokratis dengan membuat peraturan yang tidak mengekang anak, menjalin komunikasi yang baik, serta mengamati perkembangan anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ika Rusdiana
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 31 May 2021 01:54
Last Modified: 31 May 2021 01:55
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14266

Actions (login required)

View Item View Item