. (GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Pesan Moral Dalam Sinetron Dunia Terbalik RCTI Episode 2273-2275 (Analisis Semiotika Roland Barthes)

Fiani, Friska Okta (2021) . (GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Pesan Moral Dalam Sinetron Dunia Terbalik RCTI Episode 2273-2275 (Analisis Semiotika Roland Barthes). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI upload.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Fiani, Friska Okta. 2021. Pesan Moral Dalam Sinetron Dunia Terbalik RCTI Episode 2273-2275 (Analisis Semiotika Roland Barthes). Skripsi. Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo (IAIN) Ponorogo. Pembibing Dr. Aris Muslih Handayani, M.Si.
Kata Kunci: Semiotika, Pesan Moral, Sinetron, Dunia Terbalik.
Sinetron merupakan salah satu acara televisi yang paling banyak memberikan pengaruh terhadap penontonnya. Sinetron menjadi acara yang paling digemari oleh penonton karena ceritanya yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Sinetron merupakan tayangan yang menjadi alat sebagai media penyampaian sebuah pesan, pesan tersebut bisa berupa pesan moral ataupun pesan dakwah. Sinetron Dunia Terbalik adalah sinetron yang bergenre drama komedi. Sinetron Dunia Terbalik menampilkan cerita mengenai para suami yang ditinggal kerja istrinya menjadi TKW, namun dibalik cerita utama itu tentu terdapat banyak pesan moral yang dapat kita ambil.
Berdasarkan konteks diatas, maka tujuan penulisan ini adalah untuk menjawab pertanyaan besar yaitu bagaimana makna denotasi, konotasi, dan mitos pesan moral dalam sinetron Dunia Terbalik RCTI episode 2273-2275? kemudian pertanyaan pelengkapnya yaitu apa saja pesan-pesan moral yang terkandung dalam sinteron Dunia Terbalik episode 2273-2275?
Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan penelitian deskriptif kualitatif dengan analisis semiotika Roland Barthes Penelitiian ini menggunakan jenis penelitian yaitu deskriptif kualitatif. Dalam memperoleh data yang diinginkan penulis melakukan observasi dengan menonton tayangan sinetron Dunia Terbalik dan mencatat setiap adegan-adegan dan dialog yang terdapat pesan moralnya dan melakukan dokumentasi.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah makna denotasi, konotasi, dan mitos dalam 7 scene yang terdapat pesan moralnya. Adapun pesan-pesan moral yang terdapat dalam sinetron ini adalah pesan moral tentang sikap bertanggung jawab, kritis, kemandirian, keberanian moral, menjadi diri sendiri, kejujuran, dan rendah hati.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muslih Aris Handayani
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 31 May 2021 01:29
Last Modified: 31 May 2021 01:29
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14265

Actions (login required)

View Item View Item