..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN DAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Konsep Pendidikan Akhlak dan Relevansinya dengan Pendidikan Karakter (Studi Pemikiran Umar Ibnu Ahmad Baraja’ dalam Kitab Al-Akhlāq Li Al-Banin Juz 1)

Na'imah, Ma'rifatun (2021) ..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN DAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Konsep Pendidikan Akhlak dan Relevansinya dengan Pendidikan Karakter (Studi Pemikiran Umar Ibnu Ahmad Baraja’ dalam Kitab Al-Akhlāq Li Al-Banin Juz 1). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
COVER-digabungkan (1).pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Belakangan, marak kasus dekadensi moral berupa kriminalitas yang dilakukan oleh anak didik terkait disiplin yang mengarah pada kekerasan yang dialami oleh guru-guru di sekolah seperti perilaku tidak hormat, bullying, gesture dan ancaman verbal, bahkan yang paling ekstrem adalah serangan fisik, kasus bullying, pergaulan bebas, pornografi, anarkis, tawuran dan tindakan destruktif lainnya yang ingin ditanggulangi dengan pendidikan karakter. Pendidikan karakter sudah menjadi perhatian ulama terdahulu seperti Umar Ibnu Ahmad Baraja’ dengan kitabnya Al-Akhlāq Li Al-Banin.
Berdasarkan uraian di atas, penelitian ini bertujuan untuk menggali konsep pendidikan akhlak dalam kitab Al-Akhlāq Li Al-Banin Juz 1 karya Umar Ibnu Ahmad Baraja’ dan mencari relevansi konsep pendidikan akhlak dalam kitab Al-Akhlāq Li Al-Banin Juz 1 karya Umar Ibnu Ahmad Baraja’ dengan pendidikan karakter.
Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode penelitian kepustakaan yang sumber utamanya berasal dari kitab Al-Akhlāq Li Al-Banin Juz 1. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik studi dokumenter yakni pengumpulan data dari peninggalan tertulis berupa arsip-arsip dan buku-buku tentang teori, pendapat, maupun hukum-hukum. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi (content analysis).
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Konsep pendidikan akhlak yang terkandung dalam kitab Al-Akhlaq Li Al-Banin Juz 1 yaitu mencakup sifat-sifat akhlak dan ruang lingkupnya. Adapun sifat akhlak dibagi menjadi dua, yakni akhlak terpuji dan akhlak tercela. Sedangkan akhlak berdasarkan ruang lingkupnya dibagi menjadi dua, yakni akhlak terhadap Allah dan akhlak terhadap makhluk yakni akhlak terhadap sesama manusia yang meliputi akhlak terhadap diri sendiri, akhlak terhadap orang lain (keluarga dan masyarakat), serta akhlak terhadap makhluk selain manusia yakni akhlak terhadap lingkungan. (2) Pendidikan akhlak dalam kitab Al-Akhlaq Li Al-Banin Juz 1 yang memiliki relevansi dengan pendidikan karakter meliputi nilai karakter religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wahid Hariyanto
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 31 May 2021 01:26
Last Modified: 31 May 2021 01:26
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14262

Actions (login required)

View Item View Item