PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN CERAMAH MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS (STUDI KASUS SISWA KELAS IX F DI SMP NEGERI 1 BALONG PONOROGO)

Amiati, Cici Nofia (2021) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN CERAMAH MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS (STUDI KASUS SISWA KELAS IX F DI SMP NEGERI 1 BALONG PONOROGO). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
211417040_CICI NOFIA AMIATI_UPLOAD E-THESES.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Nofia Amiati, Cici. 2021. Penerapan Metode Pembelajaran Ceramah Meningkatkan Minat Belajar Pada Mata Pelajaran Ips (Studi Kasus Siswa Kelas Ix F Di Smp Negeri 1 Balong Ponorogo). Skripsi. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Nastiti Mufidah, M.Pd.
Kata Kunci: Metode Ceramah, Minat Belajar Siswa.
Latar belakang penelitian ini adalah metode ceramah dapat berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi awal peneliti lakukan tanggal 03 Oktober – 02 November 2020, di SMP Negeri 1 Balong Ponorogo. Metode pembelajaran tradisional yang menitik beratkan pada metode ceramah, tidak melibatkan siswa aktif, sangat merugikan siswa dalam penerimaan pelajaran, siswa pasif cenderung sibuk sendiri berbicara dengan teman yang lain, tidak memperhatikan pembelajaran dikelas dengan baik, mengantuk dan membosankan dan sebagian siswa tidak mau mengerjakan tugas pada mata pelajaran IPS. Peningkatan minat belajar siswa sangat dipengaruhi oleh bagaimana cara pengajaran yang diberikan oleh guru atau pendidik terhadap siswanya.
Tujuan pada penelitian ini untuk (1) Untuk menganalisis penerapan pembelajaran IPS menggunakan metode ceramah pada mata pelajaran IPS pada siswa kelas IX F di SMP Negeri 1 Balong Ponorogo. (2) Untuk menganalisis kelebihan dan kekurangan penerapan pembelajaran metode ceramah pada mata pelajaran IPS siswa kelas IX F di SMP Negeri 1 Balong Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, jenis dari penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat studi kasus, teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis Miles dan Huberman dengan urutan langkah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Salah satunya metode yang digunakan di kelas IX F SMP Negeri 1 Balong adalah metode pembelajaran ceramah.
Penggunaan metode pembelajaran ceramah berhasil dalam pembelajaran IPS, karena siswa akan bekerja secara kelompok dan saling membantu satu sama lainnya serta menyelesaikan permasalahan. Merujuk dari hasil wawancara siswa kelas IX F pada metode pembelajaran ceramah sangat senang dan tidak jenuh. (2) Adapun kelebihannya, yaitu guru mampu menguasai materi, karena penjelasan yang disampaikan guru dikaitkan dengan fenomena yang ada. Sehingga meningkatkan daya tarik siswa terhadap materi yang disampaikan.Ada siswa yang sulit di bilangi dijadikan contoh yang tidak baik dan membiasakan siswa berfikir kritis terhadap fenomena yang ada disekitarnya. Adapun kekurangan dari metode ceramah yaitu guru menjelaskan materi hanya di depan saja.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Nastiti Mufidah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 31 May 2021 01:21
Last Modified: 31 May 2021 01:21
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14259

Actions (login required)

View Item View Item