Penggunaan Gadget Sebagai Upaya Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar IPS Terpadu Masa Pandemi Covid-19

Shofiyyatuzzahro, Binti (2021) Penggunaan Gadget Sebagai Upaya Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar IPS Terpadu Masa Pandemi Covid-19. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI-211417022-BINTI SHOFIYYATUZZAHRO - PERPUSTAKAAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Shofiyyatuzzahro,Binti. 2021. Penggunaan Gadget Sebagai Upaya Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar IPS Terpadu Masa Pandemi Covid-19. Skripsi. Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negri Ponorogo. Pembimbing, Risma Dwi Arisona, M.Pd.

Kata Kunci:Gadget, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Pendidikan merupakan investasi jangka panjang yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Banyak kalangan mengakui pendidikan adalah pembentuk calon guru dan orang-orang terkemuka di masyarakat. Pendidik dan calon pendidik harus faham teknologi karena saat ini era globalisasi dan industri 4.0. Masa pandemi covid-19 siswa dan guru dituntut untuk melakukan proses pembelajaran secara daring. Proses pembelajaran daring membutuhkan alat komunikasi jarak jauh. Gadget merupakan salah satu alat yang digunakan untuk melakukan pembelajaran secara tidak langsung. Salah satu media pembelajaran jarak jauh yang familiar dan sering digunakan yakni media Whatsapp (WA). Media sosial whatsapp (WA) merupakan salah satu media komunikasi yang saat ini banyak digandrungi oleh seluruh lapisan masyarakat.

Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui dampak negatif penggunaan gadgetterhadap motivasi dan hasil belajar IPSTerpadumasa pandemi covid-19 di SMP Negeri 1 Mlarak Tahun Pelajaran 2020/2021, (2) mengetahui upaya guru dalam meningkatkanmotivasi belajar IPS Terpadu siswa kelas VII melalui penggunaan gadget masa pandemi covid-19 diSMP Negeri 1 Mlarak Tahun Pelajaran 2020/2021, dan (3) mengetahui upaya guru dalam meningkatkan hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VII melalui penggunaan gadegt masa pandemi covid-19 diSMP Negeri 1 Mlarak Tahun Pelajaran 2020/2021.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Peneliti menggunakan teknik observasi, teknik wawancara langsung dan tidak langsung, dan teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan konsep Miles dan Huberman yang mengemukakan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian yang diperoleh dari penelitian ini adalah (1) Dampak negatif penggunaan gadget: a) Siswa lebih suka bermain game, media sosial, dan aplikasi lain yang ada di gadget;b) Seringnya bermain gadget kesehatan mata siswa menjadi terganggu; c) siswa tidak disiplin dalam pengumpulan tugas; d) siswa tidak aktif dalam pembelajaran whatsapp group.(2) Upaya guru dalam meningkatkanmotivasi belajar siswa :a) Guru membangun kepercayaan diri siswa;b) guru memberikan dorongan kepada siswa dengan mengingatkan kembali tujuan awal yang ingin dicapai siswa serta cita-citanya; c) guru menyanjung siswa yang tidak mengumpulkan tugas. (3) Upaya guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa :a) guru memberikan tugas yang menarik kepada siswa; b) guru memiliki komunikasi yang baik; c) guru berkolaborasi dengan orang tua siswa dalam melakukan pengawasan; d) cara mengajar guru baik daring maupun luring tidak monoton; e) guru menggunakan media whatsapp group; f) lingkungan belajar siswa yang mendukung; dan g) keadaan psikis siswa turut mempengaruhi hasil belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Risma Dwi Arisona
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 31 May 2021 01:18
Last Modified: 31 May 2021 01:18
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14255

Actions (login required)

View Item View Item