..(GUNAKAN SCAN WARNA PADA LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN, UPLOAD ULANG)..Pengaruh Kemandirian Dan Lingkungan Di Sekolah Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa MTs. Sulamul Huda

Ma'rifah, Rofiatul (2021) ..(GUNAKAN SCAN WARNA PADA LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN, UPLOAD ULANG)..Pengaruh Kemandirian Dan Lingkungan Di Sekolah Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa MTs. Sulamul Huda. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_211417032_Rofiatul_Perpustakaan.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ma’rifah, Rofiatul, 2021. Pengaruh Kemandirian dan Lingkungan di Sekolah Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa MTs. Sulamul Huda. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kegururuan Jurusan Pendidikan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Risma Dwi Arisona, M.Pd.

Kata Kunci: Kemandirian, Lingkungan dan Hasil Belajar

Hasil belajar siswa pada dasarnya dipengaruhi oleh dua faktor. Faktor intern, seperti faktor fisologis yaitu segala sesuatu yang melekat pada seseorang. Faktor psikologi yaitu minat, kebiasaan, motivasi, kemandirian. Kemandirian adalah kemampuan seseorang untuk berdiri sendiri tanpa bantuan orang lain dalam bentuk material maupun moral. Seseorang yang telah memiliki kemandirian adalah orang yang mampu untuk bertanggung jawab terhadap dirinya tanpa bergantung pada orang lain. Sedangakan untuk faktor ekstern, seperti lingkungan, kehidupan yang dihadapi siswa sangat mempengaruhi perkembangan kepribadian siswa, baik positif maupun negatif. Kegiatan pembelajaran yang baik, tidak terlepas dari kondisi lingkungan pembelajaran yang kondusif dan mendukung terjadinya proses belajar mengajar yang efektif. Lingkungan belajar di sekolah meliputi lingkungan sosial, lingkungan non-sosial, lingkungan teman sebaya dan lingkungan fisik terdiri dari tempat belajar, alat-alat belajar, sumber belajar, penerangan, dan keadaan cuaca.

Tujuannya dari penelitian (1) Mengetahui pengaruh kemandirian siswa terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa MTs Sulamul Huda. (2) Mengetahui pengaruh lingkungan di sekolah terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa MTs Sulamul Huda. (3) Mengetahui pengaruh antara kemandirian dan lingkungan di sekolah terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa MTs Sulamul Huda secara bersama-sama.

Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dilakukan di MTs. Sulamul Huda Siwalan Mlarak Ponorogo. Sumber data diperoleh dari siswa kelas VIII yang berjumlah 33 siswa. Penelitian ini menggunakan angket sebagai instrument dalam pengumpulan data. Adapun teknik analisis data utamanya menggunakan regresi linier sederhana dan regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS versi 21 for windos.

Hasil dari penelitian ini diperoleh (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kemandirian terhadap hasil belajar IPS Terpadu sebesar 37,7%. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan di sekolah terhadap hasil belajar IPS Terpadu sebesar 65,4%.
(3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kemandirian dan lingkungan di sekolah terhadap hasil belajar IPS Terpadu 65,7% secara bersama-sama.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Risma Dwi Arisona
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 31 May 2021 01:18
Last Modified: 31 May 2021 01:18
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14254

Actions (login required)

View Item View Item