..(PELAJARI PANDUAN UPLOAD SKRIPSI DI WEBSITE PERPUSTAKAAN, UPLOAD ULANG SESUAI KAIDAH)..Implementasi Pembelajaran Daring Siswa Kelas 8 di MTs.Al-ISLAM JORESAN

Hotimah, Nur (2021) ..(PELAJARI PANDUAN UPLOAD SKRIPSI DI WEBSITE PERPUSTAKAAN, UPLOAD ULANG SESUAI KAIDAH)..Implementasi Pembelajaran Daring Siswa Kelas 8 di MTs.Al-ISLAM JORESAN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
210317101-NURHOTIMAH- ECECUTIVE SUMMARY.D0C.docx

Download (39kB)

Abstract

Dunia Pendidikan saat ini sedang diterpa sebuah permasalahan yang serius sehingga mengharuskan seluruh Kegiatan Belajar Mengajar dilakukan secara online. Adapun sistem pembelajaran yang ada di Al-Islam selalu menggunakan model pembelajaran konvensional, setelah adanya pandemi ini harus berganti model pembelajaran Online. Hal ini bertujuan untuk memutus rantai penyebaran virus Covid-19. Adapun dalam pelaksanaannya merupakan hak dan wewenang dari lembaga pendidikan itu sendiri, karena banyak platform yang ditawarkan dalam pembelajaran online ini diantaranya Google Classrom, E-learning, Whatsapp tentunya juga dalam pemilihanya harus disesuaikan dengan kemampuan dari peserta didik dan guru supaya pembelajaran berjalan secara maksimal.

Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui platform apa saja yang digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran daring di MTs. Al-Islam. Serta bagaimana pelaksanaan pembelajaran daring di Al-Islam itu dilakukan.

Untuk menjawab pertanyaan diatas maka penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif adapun penelitian ini dilaksanakan di MTs.Al-Islam Joresan. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi dan wawancara. Serta teknik analisis datanya menggunakan model analisis Milles and Huberment yang meliputi reduksi data,penyajian data dan penarikan kesimpulan. Karena peneliti ingin mencari informasi mengenai bagaimana platform dan pelaksanaan pembelajaran daring dilakukan di MTs.Al-Islam Joresan yang datanya kemudian dideskripsikan untuk menjawab persoalan yang ada di lapangan.

Berdasarkan hasil analis dapat disimpulkan bahwa, (1) Pelaksanaan pembelajaran daring kelas 8 di Mts.Al-Islam Joresan menggunakan beberapa platform pembelajaran yaitu E-Learning, Google Classrom, dan Whastapp Group (2) Menurut data yang diperoleh di lapangan mata pelajaran yang menggunakan E-Learning adalah Bahasa Indonesia, IPA dan Mahfudhat. Adapun mata pelajaran yang menggunakan Google Classrom adalah Bahasa Inggris, Muthola’ah dan menggunakan Whatsapp Group adalah Tarikh Islam dan Hadist.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ewin Yudi Prahara
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 31 May 2021 01:12
Last Modified: 31 May 2021 01:12
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14245

Actions (login required)

View Item View Item