Upaya Penguatan Nilai-nilai Karakter dan Kompetensi Kepemimpinan Mahasiswa Melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Bela Diri IAIN Ponorogo

Roziqin, Muhammad Aziz (2021) Upaya Penguatan Nilai-nilai Karakter dan Kompetensi Kepemimpinan Mahasiswa Melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Bela Diri IAIN Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317102_Muhammad Aziz Roziqin_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Roziqin, Muhammad Aziz. 2021. Upaya Penguatan Nilai-Nilai Karakter Dan Kompetensi Kepemimpinan Mahasiswa Melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Bela Diri IAIN Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Kharisul Wathoni, M.Pd.I
Kata Kunci : Nilai-nilai karakter, Kompetensi Kepemimpinan, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Bela Diri
Pembangunan terus di laksanakan di segala bidang kehidupan baik oleh pemerintah pusat, kota maupun daerah dengan tujuan untuk mensejahterakan rakyat, akan tetapi pembangunan di maksimalkan dalam pembagunan fisik saja, hal tersebut tentu saja belum sempurna jika pembangunan fisik tanpa diimbangi dengan pembangunan sumber daya manusianya, pembangunan suimber daya manusia juga tidak akan sempurna jika diimbangi pada aspek moralnya. Selanjutnya yang perlu kita ketahui bahwasanya mahasiswa merupakan agen perubahan dan juga penerus estafet di pemerintahan, baik itu lingkup regional bahkan skala nasional, akan tetapi hari ini kita melihat bahwasanya banyak mahasiswa yang acuh dengan organisasi kampus, padahal dengan mengikuti sebuah organisasi kita akan mendapatkan banyak sekali ilmu tentang semua hal termasuk dengan kompetensi kepemimpinan yang nantinya ilmu ini menjadi bekal; ketika kita kembali ke masyarakat.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) bagaimana upaya penguatan nilai-nilai karkter mahasiswa melalui UKM Bela Diri IAIN Ponorogo. (2) Menjelaskan bagaimana upaya yang dilakukan oleh pengurus UKM Bela Diri dalam menguatkan kompetensi kepemimpinan kepada mahasiswa. (3) Menjelaskan dampak yang dihasilkan setelah upaya-upaya tersebut dilakukan.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang menghasilkan data deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah interview, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya adalah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini adalah (1) Upaya yang dilakukan oleh pengurus UKM Bela Diri dalam menguatkan nilai-nilai karakter mahasiswa melalui beberapa kegiatan dan juga memberikan contoh yang baik kepada anggota. (2) Upaya yang dilakukan oleh pengurus UKM Bela Diri dalam menguatkan kompetensi kepemimpinan mahasiswa melalui beberapa kegiatan dan juga selalu melibatkan anggota dalam kepanitiaan. (3) Dampak yang diterima anggota setelah proses tersebut dilakukan yakni membuat mahasiswa menjadi lebih baik dan juga siap untuk terjun dimasyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kharisul Wathoni
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 31 May 2021 01:11
Last Modified: 31 May 2021 01:11
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14244

Actions (login required)

View Item View Item