Konsep Adab Menuntut Ilmu Perspektif Syaikh Muhammad Syakir dalam Kitab Washoya dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam

'Afifah, Anisa Nur (2021) Konsep Adab Menuntut Ilmu Perspektif Syaikh Muhammad Syakir dalam Kitab Washoya dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210317435 ANISA NUR AFIFAH PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pada hakikatnya, manusia diciptakan sebagai khalifatu fil ardh, diciptakan dengan sebaik-baiknya bentuk. Di bumi ini manusia membutuhkan bimbingan dan pendidikan dalam hidupnya. Dengan pendidikan tersebut manusia mendapatkan petunjuk. Pentingnya adab dalam menuntut ilmu dalam kehidupan sehari-hari. Maka yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana konsep adab menuntut ilmu yang baik menurut Syaikh Muhammmad Syakir alm kitab Washoya dan bagaimana relevansinya dengan tujuan pendidikan islam.
Untuk itu, penelitian ini memiliki tujuan untuk (1) Mengetahui dan menganalisis bagaimana adab menuntut ilmu menurut Syaikh Muhammad Syakir dalam kitab Washoya, (2) Mengetahui dan menganalisis bagaimana relevansi konsep adab menuntut ilmu perspektif Syaikh Muhammad Syakir dalam kitab Washoya dengan tujuan pendidikan islam.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun jenis penelitiannya adalah library research atau penelitian kepustakaan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer berupa kitab Washoya dan data sekunder berupa buku, artikel, karya tulis ilmiah yang berkaitan dengan tema yang dikaji oleh penulis. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi. Adapun proses analisis dimulai dengan menelaah seluruh data yang diperoleh penulis dari berbagai sumber.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) adab menuntut ilmu dalam kitab Washoya yaitu hendaknya peserta didik mampu memanfaatkan waktu belajarnya dengan baik dan bersungguh-sungguh, berdiskusi, memuliakan guru, tawadu’ serta ber-tawakkal. Tujuan pendidikan islam yaitu guna membentuk akhlak yang mulia, mengkaji ilmu hanya sekedar sebagai ilmu, mempersiapkan diri peserta didik agar menguasainya secara professional. (2) relevansi antara konsep adab menuntut ilmu dan tujuan pendidikan agama islam. Selain mengutamakan ilmu, mengutamakan adab juga sangat penting. Dalam melakukan suatu kegiatan, tentu kita harus mempersipkannya dengan sebaik mungkin. Sehingga terciptalah kepuasan diri dari apa yang telah kia lakukan. Setelah kita mendapatkan apa yang kita inginkan, sebaiknya kita berakhlak baik dengan sesama ciptaan-Nya serta berakhlak baik dengan pencipta kita Allah SWT. Dengan ridho dari guru dan Allah SWT, diharapkan kita mendapat ilmu yang bermanfaat untuk kehidupan baik di dunia maupun di akhirat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 31 May 2021 01:10
Last Modified: 31 May 2021 01:10
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14241

Actions (login required)

View Item View Item