PENERAPAN METODE BILINGUAL DALAM MENINGKATKAN HAFALAN SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS KELAS VII MTs SULAMUL HUDA SIWALAN MLARAK PONOROGO

Nikmatussalimi, Jihannis Shofa (2021) PENERAPAN METODE BILINGUAL DALAM MENINGKATKAN HAFALAN SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS KELAS VII MTs SULAMUL HUDA SIWALAN MLARAK PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_210317300_Jihannis Shofa (1).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Nikmatussalimi, Jihannis Shofa. 2021. Penerapan Metode Bilingual dalam Meningkatkan Hafalan Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Kelas VII MTs Sulamul Huda Siwalan Mlarak Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Muhammad Ali, M.Pd.
Kata Kunci : Metode Bilingual, Hafalan Siswa, Al-Qur’an Hadis
Pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis ditingkat Madrasah Tsanawiyah terdapat kompetensi untuk memahami isi kandungan dan menghafal hadis, kemampuan menghafal sebagian siswa kelas VII MTs Sulamul Huda masih kurang maksimal, tentunya diperlukan sebuah metode untuk membantu guru meningkatkan hafalan siswa. Guru menggunakan metode bilingual (Indonesia-Arab) untuk membantu siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran, dengan adanya metode ini diharapkan akan mempermudah siswa secara bersama-sama menghafal hadis dengan semangat dan saling memotivasi.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui hafalan ayat Al-Qur’an dan Hadis siswa kelas VII MTs Sulamul Huda pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis, (2) Mengetahui pelaksanaan metode bilingual dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadis siswa kelas VII MTs Sulamul Huda, (3) Mengetahui dampak pelaksanaan metode bilingual terhadap peningkatan hafalan ayat Al-Qur’an dan Hadis siswa kelas VII MTs Sulamul Huda pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya adalah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini adalah (1) Hafalan Al-Qur’an dan Hadis dilakukan siswa dengan menggunakan berbagai metode dan teknik sesuai kenyamanan siswa masing-masing, sedangkan murojaah dan saling menyimak hafalan antara satu dengan yang lainnya adalah salah satu cara untuk mengingat kembali ayat quran dan hadis yang telah dihafalkan. (2) Pelaksanaan metode bilingual dilakukan berdasarkan kurikulum pondok dengan mengutamakan bahasa Arab dan penggunaan kitab kuning dengan mengambil pecahan dari bulughul marom untuk hadisnya. Untuk mempertahankan kemampuan bilingual siswa dilakukan kegiatan pembiasaan penggunaan bahasa secara bergantian setiap minggunya dan sebelum KBM dilakukan pengulangan serta latihan penyusunan kalimat sederhana yang bertujuan untuk memperlancar pengucapan dan meningkatkan perkembangan serta kualitas bahasa anak. (3) Dampak pelaksanaan metode bilingual terhadap peningkatan hafalan ayat Al-Qur’an dan Hadis siswa yakni dapat meningkatkan pemahaman arti dan kefasihan siswa dalam menghafal yang mana hafalannya diambil dari kitab kuning serta dapat memacu kualitas penggunaan bahasa ketika pembelajaran dikelas, sehingga mampu mencapai target setoran hafalan dengan nilai diatas rata-rata.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Ali
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 31 May 2021 01:04
Last Modified: 31 May 2021 01:04
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14237

Actions (login required)

View Item View Item