..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Peran Organisasi Kepemudaan dalam Menumbuhkan Karakter Religius dan Tanggung Jawab (Studi Kasus di Ikatan Remaja Madin An-Nuur (IRMA) Klitik Wonoasri, Madiun)

Febrianti, Ninin Ayu (2021) ..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Peran Organisasi Kepemudaan dalam Menumbuhkan Karakter Religius dan Tanggung Jawab (Studi Kasus di Ikatan Remaja Madin An-Nuur (IRMA) Klitik Wonoasri, Madiun). Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_210317172_NININ AYU FEBRIANTI.pdf

Download (983kB) | Preview

Abstract

Abstrak
Organisasi Ikatan Remaja Madin An-Nuur (IRMA) pada awalnya dibentuk untuk wadah para remaja sekitar desa Klitik dalam memberikan berbagai kegiatan keagamaan didalamnya, organisasi Ikatan Remaja Madin An-Nuur (IRMA) ini diharapkan dapat membina serta menumbuhkan karakter baik bagi remaja, yang didalamnya terdapat kegiatan-kegiatan yang nantinya dapat mendorong agar pemuda senantiasa dalam lingkup lingkungan yang baik, selalu bersemangat dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan positif, bertanggungjawab atas segala perilaku yang dilakukan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis studi kasus dan metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menghasilkan bentuk kegiatan yang dilakukan organisasi Ikatan Remaja Madin An-Nuur (IRMA) yakni istighosah, PHBI (peringatan hari besar Islam), PONPESKIL (pondok pesantren kilat), ziarah wali, khataman Al-Quran 30 juz, shalawat al-barjanji. Kontribusi organisasi Ikatan Remaja Madin An-Nuur (IRMA) dalam lingkungan masyarakat terwujud dengan berpartisipasi aktif dalam kegiatan yang diselenggarakan masyarakat serta menyediakan wafah kegiatan keagamaan bagi para remaja lingkungan sekitar. Faktor pendukung organisasi Ikatan Remaja Madin An-Nuur (IRMA) berupa kepercayaan masyarakat, sedangkan untuk faktor penghambat berupa menurunnya semangat dan motivasi anggota Iktan Remaja Madin An-Nuur (IRMA).

Kata kunci: Organisasi Kepemudaan; Karakter Religius; Karakter Tanggung Jawab

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Fery Diantoro
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 31 May 2021 00:59
Last Modified: 31 May 2021 00:59
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14233

Actions (login required)

View Item View Item