Upaya Guru IPS Untuk Meningkatkan Semangat Dan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri 1 Sambit Ponorogo

Antoni, Muhamad Nur Yudi (2021) Upaya Guru IPS Untuk Meningkatkan Semangat Dan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri 1 Sambit Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
211417013 MUHAMAD NUR YUDI ANTONI TADRIS IPS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Muhamad Nur Yudi Antoni, 2021. Upaya Guru IPS Untuk Menigkatkan Semangat dan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri 1 Sambit Ponorogo. Skripsi. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing. Muhammad Widda Djuhan, S.Ag,. M.Si.
Kata kunci: Strategi, Upaya , Minat Belajar dan Mata Pelajaran IPS
Semanagat dan minat belajar siswa merupakan hal yang sangat penting dalam proses belajar mengajar di kelas. Penyebab menurunnya semangat dan minat belajar terhadap mata pelajaran IPS adalah faktor ekonomi dan kesulitan akses internet di karenakan adanya pandemi Covid 19 saat ini sehingga pembelajaran dilakukan secara daring dan pembelajaran tatap muka Cuma di adakan satu minggu sekali.
Pada penelitian ini penulis ingin mengetahui: (1) upaya Guru IPS dalam meningkatkan semangat dan minat belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Sambit, (2) hambatan Guru IPS dalam meningkatlan semangat dan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII di SMP Negeri 1 Sambit, (3) Solusi guru IPS untuk mengatasi hambatan dalam upaya menigktkan semangat dan mianat belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII di SMP Negri 1 Sambit.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Dalam memperoleh data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini meliputi tahap reduksi data, tahap penyajian data (Data Display), dan tahap penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data. Subyek dari penelitian ini adalah guru mata pelajaran IPS dan siswa SMP Negeri 1 Sambit.
Hasil penelitian adalah : (1) Strategi dan upaya guru mata pelajaran IPS untuk menigkatkan semangat dan minat belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Sambit yaitu dengan melakukan pemanggilan kesekolah pihak yang bersangkutan. Kemudian setelah dilakukan pemanggilan akan dilakukan tindak lanjut dan pemberian sangsi atau hukuman yang sifatnya mendidik. selain itu guru juga berupaya untuk menerapkan metode-metode pembelajaran yang menarik seperti pembelajaran berbasis video, gambar dan lain sebagainya. (2) hambatan guru IPS dalam menigkatkan semangat dan minat belajar siswa terhadap mata pelajaran IPS di SMP Negeri Negeri 1 Sambit yaitu kurangnya dukungan dari keluarga dan juga keterbatasan akses internet bagi siswa, (3) solusi untuk mengatasi hambatan dalam upaya meningkatkan semangat dan minat belajar siswa yaitu pihak sekolah mendatangi orang tua untuk memberi masukan dan arahan agar anaknya di nasehati supaya semangat belajarnya di tingkatkan, dan orang tua di minta agar mengawasi anaknya dalam bergaul agar tidak terjerumus ke hal-hal yang tidak baik, hal lain yang dilakukan adalah pemberian subsidi kuota internet yang cukup bagi siswa karena sistem pembelajaran di masa pandemi seperti saat ini proses pembelajaran dilakukan secara daring.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Widda Djuhan
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 31 May 2021 00:58
Last Modified: 31 May 2021 00:58
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14232

Actions (login required)

View Item View Item