..(FILE KOSONG, UPLOAD ULANG)..PERAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL REMAJA DESA SAMPUNG, MAGETAN

Astuti, Astuti (2021) ..(FILE KOSONG, UPLOAD ULANG)..PERAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL REMAJA DESA SAMPUNG, MAGETAN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

Keluarga adalah tempat bagi anak untuk pertama kali belajar akan segala hal. Keluarga memiliki pengaruh besar dalam pertumbuhan serta perkembangan remaja. Dalam keluarga, orang tua tentu memiliki peran yang sangat mempengaruhi perkembangan anak terutama bagi mereka usia remaja. Karena keluarga adalah tempat anak berkembang dalam bidang apapun, termasuk dalam perkembangan sosial anak.
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana perkembangan social remaja Desa Sampung, apa saja peran dari lingkungan keluarga pada perkembangan sosial remaja Desa Sampung, apa saja faktor pendukung dan penghambat perkembangan sosial remaja Desa Sampung. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitataif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik wawancara, obsevasi dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data mengunakan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian secara ringkas menunjukkan bahwa perkembangan sosial remaja Desa Sampung dipengaruhi oleh interaksi dengan teman sebaya, guru, kemampuan bertoleransi, kemampuan berkomunikasi, dan interaksi dengan keluarga. Peran lingkungan keluarga adalah keluarga tempat pertama dan utama bagi perkembangan sosial remaja. Apabila keluarga gagal dalam memberikan arahan kepada remaja, maka akan sulit untuk memperbaikinya. Keluarga harus memperhatikan pertumbuhan dan perkembangan remaja. Faktor pendukung dalam perkembangan sosial remaja yang adalah lingkungan keluarga karena dalam lingkungan keluarga orang tualah yang pertama mendidik anak melalui pendidikan dan ajaran dari orang tua. Yang kedua adalah teman sebaya, dimana ketika lingkup pertemanan itu baik maka akan membawa remaja tersebut kearah yang baik pula begitupun sebaliknya. Sedangkan faktor penghambat perkembangan sosial remaja adalah keluarga yang kurang dalam memberikan kasih sayang dan juga pengertian terhadap remaja. Faktor yang kedua adalah sikap atau kenalan dari remaja itu sendiri yang memang susah untuk diatur.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kayyis Fithri Ajhuri
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 31 May 2021 00:50
Last Modified: 31 May 2021 00:50
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14225

Actions (login required)

View Item View Item