..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI DAN LEMBAR KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)..NILAI KARAKTER RELIGIUS DALAM BUKU CORONA UJIAN TUHAN: SIKAP MUSLIM MENGHADAPINYA KARYA MUHAMMAD QURAISH SHIHAB DAN RELEVANSINYA DENGAN MATA PELAJARAN AL- QUR’AN HADITS KELAS XII MADRASAH ALIYAH

Qur'inawati, Rodiah (2021) ..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI DAN LEMBAR KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)..NILAI KARAKTER RELIGIUS DALAM BUKU CORONA UJIAN TUHAN: SIKAP MUSLIM MENGHADAPINYA KARYA MUHAMMAD QURAISH SHIHAB DAN RELEVANSINYA DENGAN MATA PELAJARAN AL- QUR’AN HADITS KELAS XII MADRASAH ALIYAH. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 210317088 RODIAH QUR'INAWATI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Qur’inawati, Rodiah. 2021. Nilai Karakter Religius dalam Buku Corona Ujian Tuhan: Sikap Muslim Menghadapinya Karya Muhammad Quraish Shihab dan Relevansinya dengan Mata Pelajaran Al- Qur’an Hadits Kelas XII Madrasah Aliyah. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguran Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Arif Rahman Hakim, M. Pd.

Kata Kunci: Nilai Karakter Religius, Buku Corona Ujian Tuhah: Sikap Muslim Menghadapinya, Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits.
Karakter religius adalah karakter utama dari delapan belas karakter yang ada di dunia Pendidikan Indonesia. Karakter religius sangat diperlukan untuk menumbuhkan mental yang kuat dan ketuhanan yang erat. Namun, seringkali terlihat di masyarakat sekitar dalam melaksanakan aturan agama masih enggan. Ujian dan cobaan yang terus datang sebagai tolok ukur kualitas keagamaan serta sikap seseorang dalam menghadapi ujian dan cobaan tersebut. Sedangkan ujian dan cobaan sendiri tidak akan bisa diperkirakan kapan datangnya. Oleh karena itu, penerapan karakter religius dalam kehidupan sehari-hari adalah sebuah kebutuhan setiap individu.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan nilai karakter religius dalam buku Corona Ujian Tuhan: Sikap Muslim menghadapinya, (2) menjelaskan relevansi nilai karakter religius dalam buku Corona Ujian Tuhan: Sikap Muslim menghadapinya karya M. Quraish Shihab dengan Mata pelajaran Al-Qur’an Hadist kelas XII Madrasah Aliyah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yaitu dengan penelitian library research atau penelitian telaah pustaka. Sumber data penelitian ini adalah Buku Corona Ujian Tuhan: Sikap Muslim Menghadapinya Karya Muhammad Quraish Shihab serta data-data sekunder lainnya yang sesuai dengan pembahasan dalam penelitian ini. Teknik analisis datanya menggunakan conten analisis dengan menganalisis data-data yang sefrekuensi pada objek yang diteliti.
Berdasarkan penelitian tersebut diperoleh hasil bahwa (1) Nilai Karakter religius dalam buku Corona Ujian Tuhan: Sikap Muslim menghadapinya karya M. Quraish Shihab meliputi iman dan takwa, ikhlas, syukur, sabar, mawas diri, dan amanah. (2) Nilai karakter religius dalam buku Corona Ujian Tuhan;Sikap Muslim Menghadapinya meliputi iman dan takwa, ikhlas, syukur, sabar, mawas diri, dan amanah relevan dengan materi ujian dan cobaan mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas XII Madrasah Aliyah. Sehingga buku Corona Ujian Tuhan;Sikap Muslim Menghadapinya karya Muhammad Quraish Shihab dapat dijadikan buku sekunder atau buku penunjang bagi guru dan peserta didik untuk memperkaya informasi yang berkaitan dengan nilai karakter religius dalam menghadapi ujian dan cobaan terutama pada masa pandemi Covid -19 saat ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Arif Rahman Hakim
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 31 May 2021 00:43
Last Modified: 31 May 2021 00:43
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14218

Actions (login required)

View Item View Item