PENGARUH PENERAPAN METODE JIGSAW DAN MOTIVASI TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR PAI SISWA KELAS XI DI SMAN 1 NGRAYUN TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Rohmawati, Eka (2021) PENGARUH PENERAPAN METODE JIGSAW DAN MOTIVASI TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR PAI SISWA KELAS XI DI SMAN 1 NGRAYUN TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi Upload A4 Perpustakaan-210317033-EKA ROHMAWATI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Rohmawati, Eka. 2021. Pengaruh Penerapan Metode Jigsaw dan Motivasi terhadap Keaktifan Belajar PAI Siswa Kelas XI di SMAN 1 Ngrayun Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Andhita Dessy Wulansari, M.Si.
Kata Kunci: Penerapan Metode Jigsaw, Motivasi, Keaktifan Belajar
Keaktifan belajar PAI siswa berperan penting dalam proses pembelajaran, sebab proses pembelajaran yang efektif adalah pembelajaran yang berjalan multi arah, yakni siswa dengan guru, guru dengan siswa dan siswa dengan siswa, namun pembelajaran PAI di SMAN 1 Ngrayun harus meningkatkan keaktifan belajar siswanya, agar dapat mencapai tujuan pembelajaran secara optimal, karena berdasarkan hasil observasi di SMA Negeri 1 Ngrayun keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran PAI masih belum sesuai harapan, hal tersebut terlihat ketika kegiatan pembelajaran siswa masih cenderung pasif, mereka hanya mendengarkan penjelasan guru saja dan tidak mengonstruksi pengetahuan yang diperolehnya, masih jarang siswa yang bertanya kepada guru mengenai materi yang belum dipahami.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh penerapan metode jigsaw dengan strategi everyone is a teacher here terhadap keaktifan belajar PAI siswa kelas XI di SMAN 1 Ngrayun, (2) mengetahui pengaruh motivasi terhadap keaktifan belajar PAI siswa kelas XI di SMAN 1 Ngrayun, (3) mengetahui pengaruh penerapan metode jigsaw dengan strategi everyone is a teacher here dan motivasi terhadap keaktifan belajar PAI siswa kelas XI di SMAN 1 Ngrayun.
Untuk menjawab pertanyaan diatas, penelitian ini dirancang dengan rancangan kuantitatif dengan metode expost facto. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas XI di SMAN 1 Ngrayun, dimana populasi adalah siswa kelas XI berjumlah 93 siswa, sekaligus sebagai sampel penelitian. Penelitian ini menggunakan angket sebagai insrumen dalam pengumpulan data.
Berdasarkan dari hasil analisis data, ditemukan bahwa: (1) Penerapan Metode Jigsaw dengan strategi everyone is a teacher here berpengaruh secara signifikan terhadap keaktifan belajar PAI siswa kelas XI di SMAN 1 Ngrayun, dengan presentase sebesar 21,6%, (2) Motivasi berpengaruh secara signifikan terhadap keaktifan belajar PAI siswa kelas XI di SMAN 1 Ngrayun, dengan presentase sebesar 9,30%, (3 ) Penerapan Metode Jigsaw dengan strategi everyone is a teacher here dan motivasi belajar PAI siswa berpengaruh secara signifikan terhadap keaktifan belajar PAI siswa kelas XI di SMAN 1 Ngrayun, dengan presentase sebesar 23,90%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Andhita Dessy Wulansari
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 31 May 2021 00:36
Last Modified: 31 May 2021 00:36
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14211

Actions (login required)

View Item View Item