..(UBAH FILE DALAM FORMAT PDF, UPLOAD ULANG)..IBADAH MENURUT SURAT AZ-ZARIYAT AYAT 56 DALAM TAFSIR AL-MISHBAH DAN RELEVANSINYA DENGAN MATERI ALQURAN HADIS KELAS X MADRASAH ALIYAH

Hidayati, Arvin Nurul (2021) ..(UBAH FILE DALAM FORMAT PDF, UPLOAD ULANG)..IBADAH MENURUT SURAT AZ-ZARIYAT AYAT 56 DALAM TAFSIR AL-MISHBAH DAN RELEVANSINYA DENGAN MATERI ALQURAN HADIS KELAS X MADRASAH ALIYAH. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SYARAT PERPUS.docx

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Nurul Hidayati, Arvin, 2021. Ibadah Menurut Surat Az-Zariyat Ayat 56 Dalam Tafsir al-Mishbah Dan Relevansinya Dg Materi Alquran Hadis Kelas 10 Madrasah Aliyah. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Ahmad Nu’man Hakiem, M.Ag
Kata Kunci : Ibadah, Surat az-zariyat ayat 56, Tafsir al-Mishbah, Relevansi,materi Alquran hadis kelas 10 Madrasah Aliyah.
Dalam kegiatan pembelajaran di kelas guru selalu membutuhkan acuan materi atau bahan yang akan diajarkan atau diberikan kepada peserta didik. Bahan ajar atau materi tersebut disusun secara sistematis untuk membantu seorang guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai waktu yang telah ditentukan, hal tersebut biasa disebut sebagai materi ajar. Begitu pentingnya materi ajar sehingga perlu dilakukan kajian mendalam terkait materi ajar yang ada di Madrasah Aliyah khususnya kelas 10. Banyaknya terjadi penyampaian materi ajar yang tidak mempunyai buku rujukan atau sumber hukum yang jelas maka materi ajar yang ada perlu direlevansikan dengan rujukan atau sumber hukum yang jelas.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ibadah dalam Alquran surat az-zariyat ayat 56 menurut Tafsir al-Mishbah karya Shihab dan relevansi ibadah dalam Alquran surat az-zariyat ayat 56 menurut Shihab dengan kurikulum Alquran hadis kelas 10 Madrasah Aliyah.
Penelitian ini dilakukan dengan mengkaji literature agama dari buku-buku di perpustakaan dan berbagai referensi lainnya yang mendukung. Penelitian dilakukan pada materi Alquran hadis kelas 10 Madrasah Aliyah dengan Tafsir al-Mishbah selaku sebagai bahan rujukan untuk meneliti.
Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa ibadah dalam Tafsir al-Mishbah adalah ketundukan dan ketaatan yang mencapai puncaknya akibat adanya rasa keagungan dalam jiwa seseorang terhadap siapa ia mengabdi. Tujuan penciptaan manusia dalam Alquran surat az-zariyat ayat 56 adalah untuk beribadah, hal tersebut sesuai dengan materi Alquran hadis kelas 10 Madrasah Aliyah bahwasannya di dalam bab lima materi Alquran hadis membahas tentang kandungan surat az-zariyat ayat 56 yang menyatakan bahwa tujuan penciptaan jin dan manusia adalah untuk beribadah. Pengertian ibadah menurut Sayyid Quthub dalam Tafsir al-Mishbah relevan jika direlevansi dengan materi Alquran hadis pada bab lima tentang manusia sebagai hamba Allah dan khalifah di muka bumi. Dikatakan relevan karena diantara keduanya saling menguatkan bahwa Allah hendak menciptakan manusia di bumi untuk menjadi khalifah. Disebutkan dalam Tafsir al-Mishbah bahwasannya tujuan penciptaan manusia adalah sebagai khalifah sedangkan dalam materi Alquran hadis kelas 10 dikatakan bahwa Allah hendak menjadikan khalifah di muka bumi ini. Hakikat ibadah menurut Sayyid Quthub dalam Tafsir al-Mishbah relevan dengan materi Alquran hadis. Yang mana menurut Sayyid Quthub hakikat ibadah adalah khalifah itu sendiri, yang mana kekhalifahan juga dibahas dalam materi Alquran hadis kelas 10 Madrasah Aliyah bab lima tepatnya dalam kandungan surat al-baqarah ayat 30-31. Selain yang disebutkan diatas semua materi Alquran hadis kelas 10 Madrasah Aliyah tidak ada yang relevan dengan Tafsir al-Mishbah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: AHMAD NU'MAN HAKIEM
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 31 May 2021 00:32
Last Modified: 31 May 2021 00:32
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14206

Actions (login required)

View Item View Item