Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Lingkungan terhadap Kecerdasan Spiritual Santri di Pondok Pesantren Darussalam Bangunsari Ponorogo Tahun 2021

Aida, Eva Nur (2021) Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Lingkungan terhadap Kecerdasan Spiritual Santri di Pondok Pesantren Darussalam Bangunsari Ponorogo Tahun 2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI EVA NUR AIDA 210317087.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Aida, Eva Nur, 2021. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Lingkungan terhadap Kecerdasan Spiritual Santri di Pondok Pesantren Darusalam Bangunsari Ponorogo Tahun 2021. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FATIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Dr. Andhita Dessy Wulansari, M. Si.
Kata Kunci: Pola Asuh Orang tua, Lingkungan Pondok Pesantren, Kecerdasan Spiritual.
Pada dasarnya setiap manusia meimiliki potensi kecerdasan yang sama. Baik kecerdasan itelektual, emosional dan spiritual. Memiliki kecerdasan intelektual dan emosional sangatlah penting, namun tidak kalah penting dengan kecerdasan spiritual. Kecerdasan spiritual merupakan kecerdasan yangpaling penting, karena untuk membangun kecerdasan intelektual dan emosional. Kecerdasan spiritual merupakan kecerdasan tertinggi, sebab hanya manusia yang memiliki kecerdasan ini. Kecerdasan spiritual adalah potensi untuk berperilaku dan hidup yang lebih luas dn kecerdasan untuk menilai bahwa tindakan dan jalan hidup seseorang lebih bermakna. Namun kenyataan pada masa sekarang banyak orang yang kurang mampu dalam mengambil manfaat dan makna dari pengalaman di dalam kehidupan sehari-hari. Adapun faktor yang mempengaruhi kecerdasan spiritual adalah pola asuh orang tua dan lingkungan anak tinggal. Orang tua sebagai pendidikan pertama bagi anak, maka dari itu pentingnya menmbuhkan kecerdasan spiritual bagi anaknya. Kemudian lingkungan tempat tinggal anak bertumbuh akan mempengaruhi peningkatan kecerdasan spiritual.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui signifikansi pengaruh pola asuh orang tua terhadap kecerdasan spiritual santri di Pondok Pesantren Darussalam Bangunsari, Ponorogo; (2) mengetahui signifikansi pengaruh lingkungan terhadap kecerdasan spiritual santri di Pondok Pesantren Darussalam Bangunsari, Ponorogo; (3) mengetahui signifikansi pengaruh pola asuh orang tua dan lingkungan terhadap kecerdasan spiritual santri di Pondok Pesantren Darussalam Bangunsari, Ponorogo. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, penelitian ini dirancang menggunakan metodologi penelitian dengan pendekatan kuantitatif, yang datanya berupa angka-angka. Populasi dalam penelitian ini adalah semua santri di Pondok Pesantren Darussalam, yaitu sejumlah 77 santri. Adapun sampel yang diambil oleh peneliti adalah 77 responden, jadi semua santri dijadikan sebagai sampel. Instrumen pengumpulan data yaitu menggunakan angket dan dokumentasi.
Berdasarkan dari analisis data diperoleh, bahwa (1) Pola asuh orang tua berpengaruh secarasignifikan terhadap kecerdasan spiritual santri di Pondok Pesantren Darussalam Bangunsari, Ponorogo, dengan koefisien determinasi (R2) sebesar 6,5%. (2) Lingkungan pondok pesantren berpengaruh secara signifikan terhadap kecerdasan spiritual santri di Pondok Pesantren Darussalam Bangunsari, Ponorogo, dengan koefisien determinasi (R2) sebesar 15,6%. (3) Pola asuh orang tua dan lingkungan pondok pesantren berpengaruh secarasignifikan terhadap kecerdasan spiritual santri di Pondok Pesantren Darussalam Bangunsari, Ponorogo, dengan koefisien determinasi (R2) sebesar 21,9%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Andhita Dessy Wulansari
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 31 May 2021 00:29
Last Modified: 31 May 2021 00:29
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14204

Actions (login required)

View Item View Item