..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN BLM ADA, UPLOAD ULANG)..PENERAPAN PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MI MA'ARIF MAYAK PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Suciati, Dian Indah (2021) ..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN BLM ADA, UPLOAD ULANG)..PENERAPAN PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MI MA'ARIF MAYAK PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_210617148_DIAN INDAH SUCIATI-1.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Suciati, Dian Indah. 2021. Penerapan Pembelajaran Blended Learning Pada Masa Pandemi Covid-19 Di MI Ma’arif Mayak Ponorogo Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Hj. Evi Muafiah. M. Ag.
Kata Kunci: Penerapan Pembelajaran, Model Pembelajaran, Pembelajaran Berbasis Blended Learning, Penilaian Penerapan Pembelajaran
Dunia mengalami goncangan yaitu adanya virus Covid-19 yang memakan banyak korban sehingga hampir melumpuhkan semua kegiatan di segala sektor, mulai dari ekonomi, kesehatan, hingga pendidikan. Menimbang dengan adanya kejadian seperti ini pemerintah memutuskan untuk mengintruksikan penerapan sistem pembelajaran berbasis online yang serentak dilakukan seluruh lembaga pendidikan di Indonesia. Hal ini tak terkecuali di MI Ma’arif Ponorogo yang menerapkan pembelajaran dengan model pembelajaran blended learning. Pemilihan model pembelajaran ini merupakan salah satu keputusan yang diambil sebab melihat situasi dan kondisi yang sesuai dengan model pembelajaran tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mengetahui bagaimana perencanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran blended learning, (2) Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran blended learning, (3) Untuk mengetahui evaluasi pembelajaran menggunakan model pembelajaan blended learning.
Untuk menjawab pertanyaan diatas, penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dirancang dengan teknik analisis deskriptif, dilaksanakan di MI Ma’arif Mayak Ponorogo. Analisis data hasil penelitian diperoleh dari proses mencari dan menyususn secara sistematis, data yang diperoleh dari hasil wawancara dan dokumentasi.
Berdasarkan analisis data diketahui hasil penelitian bahwa penerapan pembelajaran blended learning meliputi tiga proses yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. (1) Pada tahap perencanaan pada penerapan pembelajaran blended learning di MI Ma'arif Mayak Ponorogo berupa: menentukan aplikasi pembelajaran yang menggunakan whatsapp dan google form, pendataan kondisi dan nomor telepon siswa dengan membuat grup whatsapp, menyiapkan RPP, menyiapkan bahan materi, menentukan media pembelajaran. (2) Pada tahap pelaksanaan pembelajaran blended learning di MI Ma’arif Mayak Ponorogo antara lain: kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup pembelajaaran. Kegiatan pendahuluan berupa salam, pembiasaan, dan pengisian absen melalui list nama yang dibuat guru. kegiatan inti berupa penyampaian materi dan sesi tanya jawab. Kegiatadan penutup berisikan kesimpulan dan penugasan. (3) Pada tahap evaluasi pembelajaran blended learning di MI Ma’arif Mayak Ponorogo yaitu: a. berisikan penilaian yang digunakan, penilaian pengetahuan dan penilaian keterampulan. Penilaian pengetahuan dilihan dari hasil tugas soal, penilaian keterampilan dilihat dari video praktek yang dikirim pada pendidik. b. dampak positif dan dampak negative pembelajaran. dampak positif seperti guru belajar lebih dalam mengenai teknologi informatika. Dampak negatif seperti kurangnya paham siswa mengenai materi pembelajaran yang diberikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Evi Muafiah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 31 May 2021 00:27
Last Modified: 31 May 2021 00:27
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14203

Actions (login required)

View Item View Item