..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, TAMBAHKAN DAFTAR PUSTAKA, UPLOAD ULANG)..Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Tabungan Gula di Desa Bungkuk Kecamatan Parang Kabupaten Magetan

Faradila, Yosi Galih (2021) ..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, TAMBAHKAN DAFTAR PUSTAKA, UPLOAD ULANG)..Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Tabungan Gula di Desa Bungkuk Kecamatan Parang Kabupaten Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
YOSI GALIH FARADILA (210217109)-SKRIPSI-dikonversi.pdf

Download (781kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Faradila, Yosi Galih, 2021. Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Tabungan Gula di Desa Bungkuk Kecamatan Parang Kabupaten Magetan. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syari’ah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Shofwatul Aini, M.S.I
Kata kunci/keyword: Hukum Islam, Tabungan Gula.
Muamalah merupakan kegiatan timbal balik yang dilakukan dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dan merupakan salah satu bagian dari Hukum Islam. Wadī’ah merupakan suatu akad dalam hukum Islam yang berkaitan dengan tabungan. Tabungan gula merupakan kegiatan pengumpulan uang yang dilakukan setiap bulan kepada pengelola untuk kemudian hasil dari tabungan diberupakan dalam bentuk gula. Dalam sistem pengelolaan tabungan gula pihak pengelola menggunakan uang tabungan gula sebagai modal hutang piutang, dari hutang piutang tersebut terdapat penambahan pembayaran atau jasa yang kemudian dibagi antara pengelola tabungan dan pemilik tabungan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap titipan tabungan gula di Desa Bungkuk Kecamatan Parang Kabupaten Magetan? (2) bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap tambahan pada pembagian tabungan gula di Desa Bungkuk Kecamatan Parang Kabupaten Magetan?
Adapun jenis penelitian yang dilakukan penulis merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif, sedangkan tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan observasi dan wawancara. Analisis yang digunakan menggunakan metode induktif yaitu mengemukakan fakta empirik yang bersifat kusus dari hasil penelitian kemudian diakhiri dengan memberikan kesimpulan.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan tabungan gula di Desa Bungkuk tidak dibenarkan didalam kitab-kitab fiqh karena menyalahi dari sifat asli tabungan dan tambahan pembayaran yang terdapat pada kegiatan hutang piutang adalah dilarang karena termasuk dalam kategori riba. Namun jika dilihat dari perkembangan hukum ekonomi syari’ah kegiatan tabungan gula di Desa Bungkuk diperbolehkan karena termasuk kedalam wadī’ah yad-dhāmanah dimana pihak penerima titipan boleh memanfaatkan ataupun mendayagunakan barang atau harta yang dititipkan, namun tidak disyaratkan untuk memberikan imbalan, dan boleh memberikan imbalan namun tidak disepakti di awal ini sudah diterapkan di tabungan gula yang ada di Desa Bungkuk.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Shofwatul Aini
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 31 May 2021 00:22
Last Modified: 31 May 2021 00:22
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14199

Actions (login required)

View Item View Item