..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PENGESAHAN, TAMBAHKAN MATERAI PADA LEMBAR KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)..PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MADRASAH DINIYAH WUSṬᾹ HIDAYATUL MUKHLISIN PONDOK PESANTREN KETERAMPILAN AL IKHLAS BABADAN

Kurniawan, Deny (2021) ..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PENGESAHAN, TAMBAHKAN MATERAI PADA LEMBAR KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)..PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MADRASAH DINIYAH WUSṬᾹ HIDAYATUL MUKHLISIN PONDOK PESANTREN KETERAMPILAN AL IKHLAS BABADAN. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
tesis digabungkan.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Karakter menjadi problematika bagi bangsa Indonesia sebagai wujud bangsa yang beradab. Sehingga untuk membentuk generasi yang berkarakter baik di adakannya Penguatan pendidikan karakter (PPK) di lembaga formal maupun non formal, salah satu pendidikan non formal yang menanamkan penguatan pendidikan karakter adalah Madrasah Diniyah Wusṭā Pondok Pesantren Keterampilan Al Ikhlas Babadan menjadikannya madrasah diniyah yang berkarakter sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 . pada penelitian ini peneliti menguraikan tentang kebijakan kepala madrasah diniyah, penerapan, dan dampak positif kebijakan pendidikan karakter (PPK) di madrasah diniyah Hidayatul Mukhlisin. dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teori taklifiֿ sebagai pisau analisis. Adapun kebijakan kepala madrasah diniyah meliputi masuk kelas tepat waktu, pembiasaan membaca tashrifan atau nadhoman sebelum KBM , mengikuti simaan rabu pahing saat berada di Pesantren Al Ikhlas Babadan, mengizinkan santri kegiatan doa di masyarakat, kepala madrasah merekomendasikan santri untuk mendapatkan beasiswa Yayasan Pondok Pesantren AL Ikhlas Babadan, mengadakan perlombaan 17 Agustus dalam rangka memperingati kemerdekaan bangsa Indonesia, mewajibkan santri sholat berjamaah Isya di Masjid Al Ikhlas babadan sebelum madrasah diniyah, mewajibkan santri memakai sarung ketika madrasah diniyah. Sedangkan penerapan penguatan pendidikan karakter antara lain religius yang meliputi berdoa sebelum dan sesudah KBM di madrasah diniyah hidayatul Mukhlisin, simaan Al Quran Rabu Pahing, kedua gemar membaca meliputi membaca tshrifan sebelum KBM, ketiga disiplin meliputi disiplin masuk kelas, disiplin jamaah sholat isya sebelum madrasah diniyah berlangsung, disiplin berseragam sarung, keempat cinta tanah air, kelima gotong royong, keenam tanggung jawab, ketujuh menghargai prestasi. Penguatan karakter ini berdampak untuk diri sendiri meliputi menumbuhkan jiwa gotong royong, menumbuhkan jiwa gemar membaca Al Quran, santri lebih tertib sholat berjamaah, menumbuhkan jiwa mengabdi, menumbuhkan rasa hormat. Sedangkan dampak positif bagi lembaga mempunyai dampak antara lain meningkatnya jumlah santri madrasah dniyah Ula di Pesantren keterampilan Al Ikhlas Babadan dan terjalinnya kerjasama dengan SMK PGRI 2 Ponorogo dalam pendidikan akhlak dan ubudiyah di pesantren Al Ikhlas dan di kelola oleh Madrasah Diniyah Hidayatul Mukhlisin.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Basuki
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 31 May 2021 00:16
Last Modified: 31 May 2021 00:16
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14195

Actions (login required)

View Item View Item