Tinjauan Hukum Islam Terhadap Penggunaan Aplikasi BuzzBreak di Desa Bungkuk Kecamatan Parang Kabupaten Magetan

Hanifah, Umi Lailatul (2021) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Penggunaan Aplikasi BuzzBreak di Desa Bungkuk Kecamatan Parang Kabupaten Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI-UMI LAILATUL HANIFAH UPLOAD.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Hanifah, Umi Lailatul, 2021. Tinjauan Hukum Islam Terhadap Penggunaan Aplikasi BuzzBreak di Desa Bungkuk Kecamatan Parang Kabupaten Magetan. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Hj. Khusniati Rofiah, M.S.I.

Kata Kunci/Keyword: Hukum Islam, ju’a>lah, BuzzBreak

Aplikasi BuzzBreak merupakan salah satu aplikasi di android yang cara kerjanya dengan cara menjalankan misi yang disediakan di dalamnya kemudian pengguna akan mendapatkan poin dari hasil menjalankan misinya tersebut. di Desa Bungkuk Kecamatan Parang Kabupaten Magetan banyak yang menggunakan aplikasi ini terutama dari kalangan pelajar dan mereka belum mengetahui bagaimana akad dan mekanisme penggunaan aplikasi tersebut menurut menurut Hukum Islam terutama akad ju’a>lah dan pemberian passive income dalam aplikasi BuzzBreak menurut Fatwa DSN-MUI No. 75/DSN-MUI/VII/2009.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap akad dan mekanisme penggunaan aplikasi BuzzBreak di Desa Bungkuk Kecamatan Parang Kabupaten Magetan? (2) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap passive income pada penggunaan aplikasi BuzzBreak di Desa Bungkuk Kecamatan Parang Kabupaten Magetan?
Adapun jenis penelitian yang dilakukan penulis merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif, sedangkan tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan menggunakan metode deduktif yaitu pembahasan yang diawali dengan mengemukakan dalil-dalil, teori-teori atau ketentuan yang bersifat umum dan selanjutnya dikemukakan kenyataan yang bersifat khusus
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa akad dan mekanisme yang dilakukan dalam aplikasi BuzzBreak antara developer dan pengguna di Desa Bungkuk Kecamatan Parang Kabupaten Magetan menurut hukum Islam telah memenuhi rukun dan syarat dari akad ju’a>lah terutama aplikasi BuzzBreak yang resmi dari Google Play Store, sedangkan untuk mekanisme penggunaan aplikasi BuzzBreak dari website yang sudah dimodifikasi belum memenuhi salah satu syarat dari akad ju’a>lah yaitu manfaat yang dikerjakan pelaku (‘a>mil) harus ada nilai jerih-payahnya (kulfah), sebab pekerjaan yang tidak ada nilai jerih-payahnya, tidak layak dikomersilkan secara syar’i. Sedangkan pemberian bonus pada aplikasi BuzzBreak menurut Fatwa DSN-MUI No. 75/DSN-MUI/VII/2009 Tentang Penjualan Langsung Berjenjang Syariah belum sesuai karena masih ada bonus yang diperoleh secara pasif tanpa menjalankan misi yang ada di aplikasi BuzzBreak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Khusniati Rofiah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 May 2021 23:56
Last Modified: 30 May 2021 23:56
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14186

Actions (login required)

View Item View Item