(TAMBAHKAN WATERMARK, UBAH FILE DALAM FORMAT PDF, UPLOAD ULANG)..Makna Mitos di Film Kisah Tanah Jawa : Merapi karya Faozan Rizal (Analisis Semiotika Charles Shander Pierce)

islamy, nurizzah (2021) (TAMBAHKAN WATERMARK, UBAH FILE DALAM FORMAT PDF, UPLOAD ULANG)..Makna Mitos di Film Kisah Tanah Jawa : Merapi karya Faozan Rizal (Analisis Semiotika Charles Shander Pierce). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
skripsi Upload.docx

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Nur, Izzah Islamy. 2021. Analisis Semiotika Makna Mitos dalam film Kisah Tanah Jawa : Merapi.Skripsi. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Irfan Riyadi, M.Ag.
Kata Kunci : Film, Kisah Tanah Jawa, Semiotika, Makna Mitos.
Media Massa menjadi fenomena dan trend tersendiri dan tak lepas dari perkembangan zaman seperti yang saat ini, dan setiap perkembangan memiliki ciri khas masing-masing dalam menyampaikan pesannya, karena ini merupakan Audio Visual yang dapat dinikmati dimanapun dan kapanpun, selain itu film juga sebagai sumber informasi dan media dakwah yang sangat efektif, karena memiliki banyak keuntungan yang bisa di dapat salah satunya adalah film Kisah Tanah Jawa Merapi karya Faozan Rizal, film ini memperingatkan kepada penonton bahwa kita harus menghormati apa yang orang lain percayai. Penelitian ini menaruh perhatian pada masalah mitos Gunung Merapi ada dalam film Kisah Tanah Jawa : Merapi (2019), film ini salah satu film yang berisi tentang sejarah dan hal-hal mitos yang mana sampai saat ini masih percayai oleh masyarakat yang tinggal di sekitar Merapi.
Dalam penelitian ini masalah yang diteliti adalah (1) Analisis Semiotika Charles Sanders Pierce pada Sign, Object dan Interpretant yang ada pada film Kisah Tanah Jawa Merapi, (2) Makna Mitos dari film Kisah Tanah Jawa Merapi. Peneliti ini menggunakan penelitian kualititatif, dengan metode semiotika, maksudnya penulis meneliti film Kisah Tanah Jawa Merapi dengan menganalisa tanda-tanda mitos, atau pesan-pesan apa saja yang terkandung didalamnya.
Adapun hasil penelitian ini adalah (1) film Kisah Tanah Jawa Merapi memiliki Makna di episode 1 tentang Mencari temannya yang hilang, Episode 2 tentang Kesakralan Merapi, Episode 3 tentang Ritual-ritual, Episode 4 tentang Kepercayaan terhadap benda-benda mati akan memberikan kekuatan, Episode 5 tentang tumbal, dan yang terakhir di Episode 6 tentang Pasar Bubrah yaitu Pasar ghoib Merapi.(2) Makna mitos dalam film Kisah Tanah Jawa Merapi bahwasannya Gunung Merapi dipercayai sebagai tempat keraton makhluk ghoib yang sampai saat ini dipercayai keadaannya. Selain tempat yang berhubungan dengan Merapi ada juga tempat yang dianggap angker seperti daerah Makam untuk nenek moyang penduduk dan itu harus dihormati dan Mitos itu sangat dipercayai oleh masyarakat yang tinggal disekitar Merapi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 May 2021 14:51
Last Modified: 30 May 2021 14:51
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14179

Actions (login required)

View Item View Item