..(IKUTI PANDUAN UPLOAD SKRIPSI DI WEBSITE PERPUSTAKAAN, UPLOAD ULANG SESUAI KAIDAH)..Pendidikan Cinta Rasul Melalui Seni Hadroh Pada Remaja Masjid Dzinurrain Di Dusun Genengan Desa Gontor

Amaliah, Hikmah Lailaturrizqi (2021) ..(IKUTI PANDUAN UPLOAD SKRIPSI DI WEBSITE PERPUSTAKAAN, UPLOAD ULANG SESUAI KAIDAH)..Pendidikan Cinta Rasul Melalui Seni Hadroh Pada Remaja Masjid Dzinurrain Di Dusun Genengan Desa Gontor. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
210317096 HIKMAH LAILATURRIZQI AMALIAH.doc

Download (69kB)

Abstract

ABSTRAK
Remaja masjid Dzinurrain di dusun Genengan desa Gontor telah melakukan Pendidikan cinta Rasul melalui seni hadroh, hal ini dapat menjadikan remaja masjid memiliki pribadi yang lebih baik dalam kehidupan sehari-hari. Banyaknya fenomena yang membuat citra remaja kurang positif tidak dapat dibenarkan dengan adanya remaja masjid Dzinurrain yang terletak di perdesaan memiliki kegiatan positif yang eksis di era yang sekarang ini. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan strategi pendidikan cinta Rasul melalui seni hadroh pada remaja masjid Dzinurrain di dusun Genengan desa Gontor, (2) Mendeskripsikan strategi pendidikan cinta Rasul melalui seni hadroh pada remaja masjid Dzinurrain di dusun Genengan desa Gontor, dan (3) mendeskripskan kendala yang dihadapi dalam strategi pendidikan cinta Rasul melalui seni hadroh pada remaja masjid Dzinurrain di dusun Genengan desa Gontor. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analis data menggunakan konsep Miles Huberman melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan pembahasan dan temuan penelitian bahwa (1) dalam Pendidikan cinta Rasul pada remaja masjid Dzinurrain di dusun Genengan desa Gontor menggunakan strategi memprioritaskan Rasulullah sebagai utusan Allah SWT, melantunkan sholawat dan syair religi, obrolan ringan mengambil tema sikap mulia Rasulullah SAW seperti kisah perjuangan Nabi Ketika berdakwah, dan mengamalkan sunnah Rasulullah SAW, (2) dampak adanya Pendidikan cinta Rasul pada remaja masjid Dzinurrain adalah remaja masjid memilih lembaga pendidikan berbasis pondok pesantren tanpa paksaan, menyukai sholawat Nabi dan syair bernuansa religi dan Islami, Mengurangi kebiasaaan berkata kasar dan kotor, dan dapat meneladani sikap mulia Rasulullah dalam kehidupan sehari-hari, (3) kendala yang dihadapi adalah ketidaksamarataan usia anggota yang menyebabkan terhentinya sejenak materi yang telah tersampaikan karena terjadi rekrutmen anggota baru dalam waktu yang tidak pasti.

Kata Kunci: Pendidikan Cinta Rasul, Seni Hadroh, Remaja, Masjid.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Arif Rahman Hakim
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 May 2021 14:49
Last Modified: 30 May 2021 14:49
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14176

Actions (login required)

View Item View Item