Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Chips Pada Mata Pelajaran Fiqh Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XII IPA Di MA Ma’arif Al Mukarrom

Azizah, Firda Nur'aini (2021) Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Chips Pada Mata Pelajaran Fiqh Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XII IPA Di MA Ma’arif Al Mukarrom. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317417_FIRDA NUR'AINI AZIZAH_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Azizah, Firda Nur’aini. 2021. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Chips pada Mata Pelajaran Fiqh Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XII IPA di MA Ma’arif Al Mukarrom. Skripsi. Jurusan Pendidika Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Yusmicha Ulya Afif, M.Pd.I.

Kata Kunci: Talking Chips, Fiqh, Hasil Belajar
Pendidikan tidak akan pernah terlepas dari proses pembelajaran. Agar proses belajar mengajar berlangsung secara efektif dan menyenangkan, seorang guru harus mampu memilih dan menerapkan model pembelajaran yang dapat mengembangkan interaksi antara guru dengan siswa, sehingga dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Namun hal tersebut dirasa belum diterapkan pada semua sekolah. Pada proses pembelajaran mata pelajaran fiqh di kelas XII IPA MA Ma’arif Al Mukarrom, guru masih menggunakan model pembelajaran dengan ceramah dan penugasan saja. Hal tersebut mengakibatkan banyak siswa kelas XII IPA mudah bosan, mengantuk, dan tidak semangat dalam mengikuti proses pembelajaran pada mata pelajaran fiqh.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan implementasi model pembelajaran kooperatif tipe talking chips untuk dapat meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran fiqh di MA Ma’arif Al Mukarrom, (2) menjelaskan implementasi model pembelajaran kooperatif tipe talking chips untuk dapat meningkatkan kerjasama siswa pada mata pelajaran fiqh di MA Ma’arif Al Mukarrom, dan (3) mengatahui apakah terdapat peningkatan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas XII IPA MA Ma’arif Al Mukarrom pada mata pelajaran fiqh melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking chips.
Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan dua siklus. Pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan observasi dan tes tulis mengenai mata pelajaran fiqh materi sumber hukum Islam yang kemudian data tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif.
Berdasarkan hasil penelitian, pada siklus I menunjukkan bahwa siswa yang aktif dalam proses pembelajaran sebanyak 57,69 %. Kemudian pada siklus I juga menunjukkan siswa yang bekerjasama dalam diskusi sebanyak 61,53 %. Untuk aspek hasil belajar siswa menunjukkan bahwa siswa yang tuntas mencapai nilai KKM pada siklus I sebanyak 69,23 %. Kemudian pada siklus II terjadi peningkatan secara signifikan pada aspek keaktifan siswa sebesar 26,92 % sehingga siswa yang aktif pada siklus II menjadi 84,61 %. Pada aspek kerjasama siswa mengalami peningkatan sebesar 30,77 % sehingga siswa yang bekerjasama pada siklus II menjadi 92,3 %. Untuk aspek hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan sebesar 30,77 % sehingga siswa yang tuntas mencapai nilai KKM pada siklus II menjadi 100 %.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yusmicha Ulya Afif
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 May 2021 14:48
Last Modified: 30 May 2021 14:48
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14175

Actions (login required)

View Item View Item