Implementasi Media Pembelajaran Pop- Up Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran PAI Di SMA Negeri 1 Balong

Rahayu, Rini Puri (2021) Implementasi Media Pembelajaran Pop- Up Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran PAI Di SMA Negeri 1 Balong. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317411_RINI PURI RAHAYU_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Rahayu, Rini Puri. 2021. Implementasi Media Pembelajaran Pop-Up Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran PAI Di SMA Negeri 1 Balong. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Afif Syaiful Mahmudin, M. Pd. I.

Kata Kunci: Pop-Up Book, Hasil Belajar
Belajar tidak akan lepas dari proses pembelajaran. Salah satu faktor yang mempengaruhi sistem pembelajaran adalah guru. Tanggung jawab seorang guru tidaklah mudah dalam mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran yang kondusif. Dalam proses pembelajaran dalam penyampaian materi guru hanya berceramah saja, sehingga siswa pun mudah bosan dan mengantuk. Guru dituntut untuk lebih kreatif dalam memahami setiap perubahan yang terjadi di lingkungan sekitar, serta harus mampu menentukan berbagai macam strategi, metode serta media pembelajaran yang dapat melibatkan siswa aktif dalam proses pembelajaran agar kegiatan pembelajaran lebih efektif. Penggunaan media dalam proses pembelajaran dapat membantu siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran dan juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi prinsip dan praktik ekonomi Islam di SMA Negeri 1 Balong melalui media pembelajaran pop-up book.
Dalam penelitian ini, peneliti menerapkan media pembelajaran pop-up book dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Media pembelajaran pop-up book dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini karena media pembelajaran pop-up book memiliki struktur yang menarik dalam menampilkan isi materi untuk memudahkan siswa memahami materi tersebut sehingga menunjang menigkatnya hasil belajar siswa. metode penelitian yang digunakan yaitu metode Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan dua siklus. Pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan tes tulis mengenai mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi prinsip dan praktik ekonomi Islam yang kemudian data tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif.
Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I bahwa hasil belajar siswa menunjukkan siswa yang tuntas mencapai nilai KKM sebanyak 16 siswa dari 26 siswa dengan presentase sebesar 61,53 %. Kemudian pada siklus II terjadi peningkatan secara signifikan hasil belajar siswa sebesar 38,47 % sehingga siswa yang tuntas mencapai nilai KKM pada siklus II menjadi 26 siswa dari 26 siswa dengan presentase 100%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Afif Syaiful Mahmudin
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 May 2021 14:47
Last Modified: 30 May 2021 14:47
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14171

Actions (login required)

View Item View Item